adplus-dvertising

Mudah dan Aman Bersihkan Telinga Tak Perlu Pakai Cotton Bud

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Minggu, 12 Juni 2022
677 dilihat
Mudah dan Aman Bersihkan Telinga Tak Perlu Pakai Cotton Bud
Ilustrasi membersihkan telinga dengan cotton bud. Foto: Repro Merdeka.com

" Sebagian orang sering kali memilih menggunakan cotton bud sebagai alat untuk membersihkan kotoran di telinga. Padahal hal tersebut bisa menyebabkan beberapa masalah pada telinga manusia "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagian orang sering kali memilih menggunakan cotton bud sebagai alat untuk membersihkan kotoran di telinga. Padahal hal tersebut bisa menyebabkan beberapa masalah pada telinga manusia.

Diantaranya dapat menyebabkan gangguan pendengaran atau kerusakan pada saluran dalam telinga.

Dikutip dari Hellosehat.com, walaupun residu kotoran telinga akan tetap ada dan menempel di kapas cotton bud saat Anda membersihkan telinga, tapi di saat yang bersamaan Anda juga mendorong dan memadatkan kotoran telinga semakin masuk jauh ke dalam, melewati tempat di mana produksi minyak dalam telinga terjadi (lokasi ideal di mana kotoran telinga harus tetap tinggal).


Hal ini akan menimbulkan rasa sakit, tekanan, gangguan pendengaran sementara, hingga berisiko menusuk gendang telinga.

Karena gendang telinga sangat rapuh, organ penting dalam telinga ini akan dengan mudah pecah bahkan saat menerima tekanan yang lembut sekalipun dari dorongan cotton bud.

Rasa sakitnya termasuk cukup parah dan telinga Anda mungkin akan mengeluarkan cairan bening dari dalam.

Lantas bagaimana cara membersihkan telinga yang aman dan tepat?

Dilansir dari Alodokter.com, agar tetap aman saat membersihkan kotoran telinga yang menumpuk, berikut beberapa cara membersihkan telinga yang bisa Anda lakukan:

1. Penggunaan obat tetes telinga

Menggunakan obat tetes telinga yang dijual bebas di apotek atau toko obat bisa menjadi salah satu cara untuk membersihkan kotoran telinga. Obat ini dapat melunakkan gumpalan, sehingga kotoran mudah dikeluarkan.

Baca Juga: Catat 5 Tips Memilih Beras yang Bagus

Selama 2–3 hari setelah menggunakan pelunak kotoran telinga, miringkan kepala dan teteskan air hangat ke dalam saluran telinga yang bermasalah, kemudian miringkan kepala ke sisi lain untuk mengeluarkan kotoran telinga. Keringkan air dari saluran telinga, lalu keringkan dengan handuk secara perlahan.

2. Penanganan secara medis

Jika kotoran telinga sudah menumpuk dan sulit dikeluarkan Anda bisa pergi ke dokter. Biasanya, dokter akan menggunakan alat khusus untuk mengeluarkan kotoran telinga atau memakai alat sedot (suction).

3. Prosedur irigasi telinga

Langkah lain yang dapat direkomendasikan oleh dokter adalah prosedur irigasi telinga. Prosedur ini dilakukan dengan cara mengalirkan air hangat untuk mengeluarkan kotoran telinga.

Baca Juga: Catat, Ini 7 Tips Perawatan Gigi dengan Cara Mudah dan Murah

Jika penumpukan kotoran telinga terus berulang, dokter bisa merekomendasikan cara membersihkan telinga menggunakan obat-obatan, seperti peroksida karbamida yang pemakaiannya harus sesuai anjuran dokter. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga