Merasa Cemas? Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengatasinya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 25 Januari 2022
0 dilihat
Merasa Cemas? Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengatasinya
Ilustrasi kecemasan. Foto: Repro freepik

" Ketika akan menghadapi sesuatu yang tidak menyenangkan bisanya muncul rasa cemas "

KENDARI, TELISIK.ID - Ketika akan menghadapi sesuatu yang tidak menyenangkan bisanya muncul rasa cemas. Hal ini wajar terjadi pada setiap orang .

Mengutip alodokter.com, cemas atau anxiety adalah perasaan gugup atau gelisah. Biasanya orang akan mengalaminya ketika berhadapan dengan situasi tertentu, misalnya sebelum wawancara kerja, sebelum ujian, saat harus mengambil keputusan penting, atau ketika menunggu hasil pemeriksaan dokter

Perasaan cemas yang dirasakan terjadi secara naluriah dan manusiawi untuk dirasakan. Banyak orang yang berusaha menghalau rasa cemas dengan berbagai macam hal, padahal rasa cemas tersebut tidak bisa dihindari dan sangat wajar terjadi.

Cemas diakibatkan saat adrenalin yang berada di dalam tubuh sedang berpacu karena reaksi otak dalam menanggapi sesuatu.

Mengutip yoursay.com, berikut 5 cara untuk mengatasi rasa cemas atau setidaknya mengurangi perasaan itu:

1. Atur pernapasan

Perasaan cemas biasanya disertai dengan rasa deg-degan bahkan kepala yang pusing karena otak tidak mampu membendung respons yang terjadi.

Cobalah untuk mengatur pernapasan dengan menarik napas dalam dalam dan mengeluarkannya secara perlahan. Kamu bisa menggunakan pernapasan dada atau diafragma, senyaman yang bisa kamu lakukan.

Hal ini bisa mengurangi efek jantung berdebar dalam beberapa saat. Ulangi step ini hingga rasanya berkurang.

2. Validasi emosi

Ketika kamu merasa cemas, kamu akan cenderung lebih gusar dalam melakukan sesuatu.

Cobalah untuk duduk, validasi rasa yang kamu rasakan adalah perasaan cemas dikarenakan suatu hal yang baru saja kamu lihat atau kamu dengar.

Baca Juga: 6 Manfaat Masker Putih Telur untuk Wajah, Kenali Risikonya

Hal ini akan membuatmu menyadari bahwa perasaan cemas harus dihadapi dengan bersikap tenang agar kegiatan yang akan kamu lakukan tidak larut dalam emosi akibat rasa cemas yang timbul.

3. Gunakan teknik grounding

Pernahkah kamu mendengar teknik grounding? Jika belum pernah, hal ini kurang lebih sama dengan meditasi.

Teknik ini digunakan untuk mengatasi pikiran negatif dan depresi dikarenakan rasa cemas yang kamu alami. Gunakan waktu sebaik-baiknya untuk menggunakan teknik ini.

Menyandur dari healthline.com, teknik ini akan membuatmu lebih fokus dalam menghadapi masalah dengan memahami kehendakmu sendiri.

4. Afirmasi diri

Kamu bisa memberikan afirmasi positif kepada dirimu sendiri. Memberikan semangat untuk bisa bangkit dan menghadapi situasi yang diliputi rasa cemas juga akan membuatmu menjadi lebih baik.

Baca Juga: Yuk, Lakukan 5 Cara Ini untuk Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Cobalah untuk tersenyum sambil menarik napas pelan-pelan sampai perasaan cemas tersebut hilang.

5. Datang ke profesional

Jika kamu merasa perasaan cemas yang kamu alami sudah berlebihan, kamu bisa mendatangi profesional seperti psikolog atau psikiater. Mereka akan memberikan solusi terbaik untuk mengatasi rasa cemas berlebihan yang kamu alami.

Tenang saja, rasa cemas bukan hal yang memalukan, melainkan hal yang sangat wajar terjadi kepada manusia yang memiliki perasaan dan akal sehat.

Olehnya itu, mengetahui cara mengatasinya adalah hal yang terbaik yang bisa kamu lakukan untuk dirimu sendiri. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga