Tips Jitu Lolos Seleksi Calon Pramugari

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 11 Juli 2023
0 dilihat
Tips Jitu Lolos Seleksi Calon Pramugari
Pramugari adalah salah satu profesi yang didambakan banyak anak muda. Setiap maskapai penerbangan punya seleksi yang ketat dalam menerima pramugarinya. Foto: Repro Inews.id

" Untuk menjadi seorang pramugari ternyata tidak mudah. Selain secara fisik harus sempurna, pelamar juga harus memiliki pengalaman bekerja dan penguasaan bahasa asing "

KENDARI, TELISIK.ID – Selain punya gaji yang tinggi, pekerjaan pramugari juga dapat membawa kita terbang kelilling dunia. Tak heran bila pekerjaan ini diimpikan banyak orang.

Akan tetapi mengikuti seleksi untuk menjadi seorang pramugari ternyata tidak mudah. Selain secara fisik harus sempurna, banyak tes yang perlu dilakukan untuk sebuah maskapai dapat merekrut Anda.

Dilansir dari Okezone.com, Pramugari Private Jet, Putri Antikasari membeber beberapa hal yang perlu disiapkan untuk lolos dalam tes pramugari.

Dalam siaran podcast Partai Perindo, ia tak sungkan membagikan beberapa tips bagi para calon pramugari agar bisa lolos seleksi. Tips pertama yang perlu dilakukan pelamar, ialah memperbanyak pengalaman bekerja, sebagai bekal dalam proses seleksi.

“Kalian pasti akan ditanya pengalaman apa yang kalian punya. Apa pun itu kalian jangan menolak experience,” jelas Putri.

Baca Juga: Buruan, Ada Lowongan Kerja Staf Bandara dan Pramugari Lulusan SMK hingga S1

Dikutip dari Lifestyele.sindonews.com, Putri mengaku pernah bekerja sebagai pramugari kereta api sebelum menjadi bagian dari kru pesawat. Putri mengatakan, pengalaman bekerja apa pun bisa menjadi nilai tambah bagi kandidat pelamar.

Tak hanya itu, penguasaan bahasa asing juga menjadi keharusan bagi seorang calon pramugari. Terlebih bila seseorang melamar di maskapai internasional. Karenanya, Putri menyarankan agar calon pramugari bisa memiliki bekal bahasa asing, khususnya bahasa Inggris.

Baca Juga: Selain Sambut Penumpang, Ini Alasan Lain Pramugari Berdiri di Pintu Pesawat

“Karena di sana tidak ada instruktur dan kalian hanya bertemu instruktur saat praktikal. Jadi semua harus dipahami sendiri,” tambahnya.

Putri menegaskan, pengalaman dan penguasaan bahasa menjadi kunci utama agar seseorang bisa lolos menjadi calon pramugari. Untuk itu, ia menyarankan para calon pelamar memperbanyak pengalaman dan tak ragu mencoba beberapa pekerjaan terlebih dulu sebelum akhirnya mantap untuk terjun sebagai bagian dari kru pesawat.

“Ambil saja pengalaman kerja apa pun, walaupun itu hanya satu atau dua tahun. Mereka (maskapai) akan menghargai itu,” paparnya. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga