Tips Memilih Kaldu Jamur yang Sehat, Kaldu Jamur Totole Recommended Cocok Bagi Vegetarian

Tim Telisik, telisik indonesia
Sabtu, 09 Maret 2024
0 dilihat
Tips Memilih Kaldu Jamur yang Sehat, Kaldu Jamur Totole Recommended Cocok Bagi Vegetarian
Salah satu bahan penyedap alami yang tidak mengandung MSG adalah kaldu jamur. Foto: Ist.

" Kaldu jamur adalah produk tambahan yang sering dipakai oleh vegetarian untuk menambah cita rasa makanan dan memenuhi kebutuhan gizi "

BENTUK gaya hidup sehat yang terjadi di tengah masyarakat saat ini berupa meningkatnya kesadaran mereka untuk mengonsumsi bahan penyedap non-MSG.

Salah satu bahan penyedap alami yang tidak mengandung MSG adalah kaldu jamur. Jadi, tidak heran jika kaldu jamur non-MSG yang enak ini sekarang banyak digunakan untuk melezatkan berbagai masakan atau MPASI bayi.

Kaldu jamur totole sendiri merupakan kaldu yang terbuat dari bahan dasar jamur. Jenis jamur yang biasa digunakan yaitu jamur tiram, shiitake, atau porcini. Kaldu jamur adalah produk tambahan yang sering dipakai oleh vegetarian untuk menambah cita rasa makanan dan memenuhi kebutuhan gizi.

Apakah kamu tertarik mencoba memasak menggunakan kaldu jamur? Jika iya, maka terdapat beberapa poin penting yang perlu diperhatikan saat memilih kaldu jamur, yaitu:

1. Dengan Kaldu Jamur Non-MSG, Kamu Bisa Menyajikan MPASI yang Enak dan Sehat

Saat bayi sudah berusia enam bulan, maka perlu diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI (MPASI), karena ASI sudah tidak lagi mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil.

Baca Juga: Resep Menu Harian Selama Seminggu

Namun, saat memperkenalkan MPASI sebaiknya hindari memberi tambahan perasa seperti garam, gula, atau perisa buatan, karena bahan-bahan tersebut berisiko bagi kesehatan bayi dalam jangka panjang.

Kaldu jamur bisa digunakan untuk memberikan rasa pada MPASI dan meningkatkan selera makan anak. Pemilihan kaldu jamur yang aman juga perlu diperhatikan. Sebaiknya, pilih kaldu jamur non-MSG dengan takaran penggunaan maksimal satu sendok teh per hari.

2. Pilih Kaldu Jamur Tanpa Tambahan Gula dan Garam

Agar lebih sehat, sebaiknya pilih kaldu jamur tanpa tambahan gula dan garam. Jika sedang diet garam, sebaiknya hindari kaldu jamur dengan tambahan garam. Begitu juga dengan penderita diabetes yang dianjurkan untuk mengurangi asupan gula. Dengan begitu, kaldu jamur bisa dikonsumsi oleh penderita hipertensi (darah tinggi), diabetes, atau kolesterol tinggi.

3. Utamakan Pilih Kaldu Jamur Sachet

Jika baru ingin mencicipi kaldu jamur, memilih kemasan sachet merupakan pilihan tepat. Jika nanti sudah merasa cocok, kamu bisa menggantinya dengan kemasan sachet yang lebih besar. Namun perlu diingat, untuk kemasan sachet ini kamu perlu memindahkannya  ke wadah tertutup rapat agar tidak menggumpal.

4. Pertimbangkan Kaldu Jamur Dalam Kemasan Botol Atau Sachet 1 Kg Jika Butuh Untuk Stok

Kemasan botol bisa menjadi pilihan yang tepat jika kamu ingin menyimpan kaldu jamur lebih lama. Tutup rapatnya membuat kaldu jamur lebih awet dan tidak mudah rusak. Selain itu, kemasan botol pun lebih praktis karena kamu tidak perlu repot menyiapkan wadah lain selama botol tertutup rapat.

Baca Juga: 4 Resep Bekal yang Sederhana dan Anti Bosan

Jika perlu stok kaldu jamur yang lebih banyak, bisa juga pertimbangkan kemasan sachet 1 kg. Pemilik usaha kuliner mungkin akan lebih pas memilih kaldu jamur dengan kemasan yang lebih besar sehingga lebih ekonomis.

5. Pilih Kemasan Pouch Yang Ringan dan Bisa Dibuka-Tutup

Sebagai alternatif, sekarang juga ada produk kaldu jamur dengan kemasan pouch. Kemasan ini hampir sama dengan kemasan sachet yang ringan. Hanya saja, kemasan pouch dilengkapi dengan klip yang bisa dibuka-tutup dengan mudah. Dengan demikian, kamu tidak perlu repot memidahkan kaldu jamur ke wadah lain asalkan klip tertutup sempurna setelah digunakan.

Ada banyak merek kaldu jamur yang bagus di pasaran, salah satunya yang recommended adalah Totole. Kaldu jamur Totole yang sudah mendapatkan sertifikat vegan dari Indonesia Vegetarian Society ini cocok untuk kamu yang sedang menghindari produk-produk hewani.

Tekstur granule kaldu jamur ini membuatnya cepat larut dalam air hangat untuk memberikan rasa gurih yang lebih mantap. Untuk kebutuhan restoran ataupun bisnis katering, bisa pilih kemasan 1 kg. Kamu bisa membeli kaldu jamur Totole di Blibli dengan harga mulai dari Rp. 6.750. (Adv)

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga