5 Cara Mudah Menjadi Pembaca yang Baik

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 05 Februari 2023
0 dilihat
5 Cara Mudah Menjadi Pembaca yang Baik
Untuk mendapatkan aktivitas membaca yang berdampak ada hal yang harus dilakukan. Foto: Unsplash

" Untuk bisa semangat dan mendapatkan hasil yang maksimal dari aktivitas membaca, kita perlu melakukan cara tertentu "

KENDARI, TELISIK.ID - Untuk bisa semangat dan mendapatkan hasil yang maksimal dari aktivitas membaca, kita perlu melakukan cara tertentu.

Pada umumnya, dikutip dari wikipedia, membaca merupakan kegiatan melihat tulisan bacaan dan proses memahami isi teks dengan bersuara atau dalam hati.

Membaca adalah mengungkapkan suatu imajinasi terhadap suatu pembaca yang disukai khalayak ramai dan juga dimengerti oleh seseorang yang dicintai.

Namun untuk mendapatkan aktivitas membaca yang berdampak ada hal yang harus dilakukan. Lantas apa saja itu?

Baca Juga: 3 Tips Jitu Membangun Kedisiplinan Diri

Melansir yoursay.id, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar aktivitas membaca bisa mendapatkan hasil yang maksimal:

1. Membaca secara Aktif

Membaca secara aktif artinya membaca dengan kritis terhadap bacaan yang kita baca. Dengan membaca secara aktif seorang pembaca tidak hanya menerima informasi secara pasif, melainkan juga secara aktif mengkritisi, melibatkan pikiran untuk memahami bacaan secara mendalam.

Dengan demikian pembaca akan melibatkan isi pikirannya merenungi dan mempertanyakan apa yang ia baca, pembaca juga dituntut untuk setuju atau tidak setuju dengan bacaan tersebut sehingga pola pikir pembaca akan semakin berkembang.

Pola pikir yang berkembang dan kritis akan membantu seseorang menyelesaikan berbagai persoalan sulit.

2. Berbagi Hasil Bacaan pada Orang Lain

Berbagi ilmu atau hasil dari apa yang kita baca kepada orang lain sama sekali tidak membuat kita rugi, justru akan semakin bermanfaat bagi pembaca itu sendiri.

Dengan menceritakan apa yang telah kita baca kepada orang lain, secara tidak langsung terjadi proses pertukaran informasi di sana, karena dari sana orang lain akan menanggapi dan memberikan pandangannya dari apa yang kita ceritakan.

Dengan berbagi informasi kita telah memberikan manfaat pada sesama, dan dengan demikian pantaslah kita disebut sebagai pembaca yang baik.

3. Mulai dengan Membaca Sesuatu yang Kita Sukai

Jika kita menaruh minat yang cukup besar pada sesuatu yang kita sukai, tentunya seseorang tidak akan keberatan mengorbankan waktu dan pikirannya untuk hal tersebut.

Begitupun dalam membaca, ketika seseorang membaca sesuatu yang disukainya, ia akan memberikan fokus dan perhatiannya pada bacaan yang menarik bagi dirinya, dan hal ini akan lebih efektif mencerna, mengingat, dan menerapkan apa-apa yang telah dibaca, tentu saja jika itu bernilai positif maka akan sangat berdampak positif juga bagi pembaca tersebut.

4. Memiliki Target Membaca yang Jelas

Memiliki target bacaan yang jelas membuat aktivitas membaca lebih teratur dan mendorong konsistensi seseorang dalam membaca.

Buat target secara terukur, realistis, dan dapat dipertanggungjawabkan, buat target mulai dari yang termudah, misalnya membaca satu halaman dalam satu hari, atau membaca satu buku dalam satu bulan, setelah target-target yang kecil dalam membaca dapat kita selesaikan dengan baik, maka kita dapat meningkatkan skala target menjadi lebih besar lagi.

Tanpa terasa keterampilan kita dalam membaca akan meningkat secara drastis jika kita dapat melakukannya dengan konsisten.

5. Selalu Mengembangkan Keterampilan Membaca

Seorang pembaca yang baik akan terus belajar mengembangkan kemampuan membacanya agar aktivitas membaca yang dilakukan bisa terus meningkat menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Baca Juga: 4 Tips Alami Kencangkan Kulit Leher

Keterampilan membaca pada seseorang akan semakin meningkat jika terus diasah dan dilatih.

Kita dapat mengikuti berbagai kelas membaca, seminar membaca, mengikuti berbagai workshop tentang literasi, atau membaca referensi tentang keterampilan membaca. Kita juga bisa berdiskusi atau bertanya terkait pengalaman membaca dari pembaca lainnya.

Nah, itulah beberapa tips yang yang bis Telisikers lakukan untuk menjadi pembaca yang baik. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga