6 Cara Atasi Rambut Berminyak Dijamin Tidak Lepek

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Minggu, 15 Januari 2023
0 dilihat
6 Cara Atasi Rambut Berminyak Dijamin Tidak Lepek
Rambut lepek biasanya disebabkan karena kandungan minyak yang terlalu banyak, anda bisa melakukan beberapa tips untuk menghindarinya. Foto: Orami.co.id

" Rambut berminyak atau lepek sering kali mengganggu penampilan anda, terlebih saat anda sedang beraktifitas dengan intens di luar ruangan hingga berkeringat, langsung buat kepercayaan diri menurun "

KENDARI, TELISIK.ID - Rambut berminyak atau lepek sering kali mengganggu penampilan anda, terlebih saat anda sedang beraktifitas dengan intens di luar ruangan hingga berkeringat, langsung buat kepercayaan diri menurun.

Anda perlu mengetahui beberapa tanda-tanda rambut berminyak sebelum melihat beberapa tips rambut agar terhindar dari prmasalahan rambut berminyak. Akibatnya, rambut terlihat lepek dan mengkilap, rambut tidak bervolume, sering terasa gatal pada kulit kepala, rambut sering mengalami kerontokan, rambut biasanya memiliki bau yang tidak sedap ataupun rambut cenderung sulit diatur.

Dikutip dari Okezone.com dan Karawang.inwes.id, berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk terhindar dari masalah rambut berminyak:

Baca Juga: 4 Tips Mudah Atasi Sikap Pesimis

1. Sering Keramas

Orang dengan rambut yang sangat berminyak mungkin perlu keramas sekali sehari. Shampo membantu menghilangkan minyak berlebih, serta kotoran dan sisa produk rambut, dari kulit kepala.

2. Keramas dengan Benar

Keramas dengan cara yang tidak tepat, ternyata bisa juga menyebabkan rambut mudah berminyak lho! Untuk mencuci rambut dengan benar, usapkan sedikit sampo ke akar dan kulit kepala dengan lembut. Hindari menggunakan kuku atau membuat gesekan yang tidak perlu pada helaian rambut.

Menggosok dengan cara yang agresif dapat mengiritasi kulit kepala dan menyebabkannya menghasilkan lebih banyak minyak. Fokus pada kulit kepala, di mana minyak berada, bukan pada panjang rambut. Jangan mengoleskan sampo langsung ke ujung rambut atau menggosoknya. Sebagai gantinya, biarkan sampo mengalir melalui ujungnya saat dibilas.

3. Aplikasikan Kondisioner Hanya pada Ujung Rambut

Kondisioner dapat membuat rambut Anda terlihat berminyak dan menyebabkan minyak menumpuk lebih cepat. Aplikasikan kondisioner hanya pada ujung rambut, dan pastikan untuk membilasnya secara menyeluruh.

4. Hindari Catokan dan Alat Penata Rambut Lainnya

Catok atau hair dryer dapat memberikan hasil akhir yang mulus dan halus. Tapi alat-alat tersebut juga bisa membuat rambut terlihat lebih cepat berminyak. Biarkan rambut mengering dengan sendirinya dan nikmati tekstur alaminya.

5. Bersihkan Sisir

Sisir mungkin penuh dengan produk penataan rambut, minyak, dan kotoran lain yang dapat membuat rambut Anda kotor segera setelah keramas. Bersihkan alat penataan rambut dengan sedikit sampo atau sabun yang lembut untuk menghilangkan penumpukan yang ada.

Baca Juga: 3 Tips Jitu Kembangkan Potensi Diri pada Bidang Disukai

Demikian juga, bersihkan semua rambut rontok setelah setiap menyisir agar sisir bebas dari minyak dan kotoran.

6. Bersihkan dengan Lidah Buaya

Aloe Vera atau lidah buaya bisa dibuat menjadi masker rambut dan bagus untuk menjaga kulit kepala. Karena berfungsi untuk menghilangkan minyak ekstra, melawan penumpukan produk, menenangkan kulit kepala, dan melindungi setiap helai rambut.

Dengan mengaplikasikan lidah buaya selama 2-3 kali dalam seminggu, Anda akan mendapatkan rambut yang lembut dan sehat. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga