Tips Tak Cepat Lelah saat Berkendara Jauh

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 07 Juli 2023
0 dilihat
Tips Tak Cepat Lelah saat Berkendara Jauh
Berkendara motor dengan jarak tempuh jauh tak jarang membuat pengendara lelah dan ngantuk. Foto: Repro Jawapos.cnn

" Pastikan tidur cukup sebelum melakukan perjalanan jauh. Kelelahan fisik dan mental memicu rasa lelah, sehingga mengantuk saat berkendara "

KENDARI, TELISIK.ID - Berkendara menggunakan sepeda motor dengan jarak yang jauh pasti sangat melelahkan dan tak jarang membuat para pengendara mengantuk. Hal ini sebenarnya sangat berbahaya bagi keselamatan pengendara.

Dilasir dari Okezone.com dan Rebublika.co.id, berikut tips tak cepat capek saat berkendara jarak jauh dengan motor.

1. Cukup tidur sebelum jalan

Pastikan tidur cukup sebelum melakukan perjalanan jauh. Kelelahan fisik dan mental memicu kita lebih rentan terhadap rasa lelah, sehingga mengantuk saat berkendara.

2. Beristirahat teratur

Selama perjalanan panjang, disarankan berhenti sejenak maksimal setiap dua jam sekali untuk beristirahat. Namun jika kurang dari 2 jam tapi badan sudah lelah, langsung harus istirahat.

Baca Juga: Hindari Kecelakaan, Begini Cara Aman Berkendara di Jalan Basah

Sesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing, pakai waktu rehat ini untuk meregangkan tubuh, menghirup udara segar, dan mengonsumsi makanan ringan yang dapat membantu menjaga energi.

3. Ngemil

Hindari makanan berat atau berlemak sebelum berkendara. Pilihlah makanan ringan yang sehat dan mengandung karbohidrat kompleks, misalnya buah-buahan, kacang-kacangan, atau roti gandum. Tipe makanan yang bisa memberikan energi secara bertahap dan membantu menjaga tingkat gula darah tetap stabil.

4. Tidak minum minuman beralkohol atau obat-obatan

Alkohol dan beberapa obat-obatan memiliki efek mengantuk dan bisa mengganggu kemampuan dalam berkendara dengan nyaman. Pastikan Anda tidak mengonsumsinya sebelum atau selama perjalanan.

5. Pakai pakaian yang nyaman

Kenakan pakaian yang tidak terlalu ketat dan tidak mengganggu pergerakan ketika berkendara. Pastikan juga pakaian cukup longgar. Tujuannya supaya ada sirkulasi udara yang baik agar tubuh tetap segar.

Baca Juga: Toyota Raize Resmi Mengaspal di Kendari, Tawarkan Sensasi Berkendara Fun to Drive

6. Manfaatkan fungsi ventilasi helm

Pastikan ventilasi pada helm terbuka untuk memberikan aliran udara yang cukup ke kepala. Udara segar akan membantu menjaga konsentrasi dan mengurangi risiko rasa kantuk.

7. Streching ringan

Lakukan beberapa peregangan fisik ringan seperti peregangan otot atau berjalan-jalan selama beberapa menit. Cara simpel untuk membantu membangkitkan energi, sekaligus meningkatkan kewaspadaan saat berkendara. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga