TKA China Tiba di Sultra

Musdar, telisik indonesia
Selasa, 23 Juni 2020
0 dilihat
TKA China Tiba di Sultra
TKA China tiba di Bandara Haluoleo. Foto: Musdar/Telisik

" Kita ada sekitar 30 mobil semua carteran. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 156 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China akhirnya tiba di Bandara Haluoleo Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

TKA yang akan bekerja di perusahaan pemurnian nikel PT VDNI dan PT OSS Kecamatan Morosi Kabupaten Konawe tiba sekira pukul 20.50 Wita, Selasa (23/6/2020).

Mendaratnya TKA di Bumi Anoa langsung disambut oleh Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh (ARS) untuk diperiksa keabsahaan dokumen yang dibawanya.

Berdasarkan pantauan jurnalis Telisik.id dari pintu luar Bandara Haluoleo, mereka (TKA) dengan postur tubuh yang berbeda-beda (pendek sedang dan tinggi) serta berjenis kelamin perempuan dan laki-laki, satu persatu mereka keluar setelah melewati rangkaian pemeriksaan dokumen dengan pengawalan pihak keamanan.

Baca juga: Tak Kunjung Tiba, Ketua DPRD Standby Tunggu TKA di Bandara

TKA itu dijemput mobil yang didominasi merk avanza dan xenia berbaris panjang di halaman parkir bandara. Satu persatu TKA dibukakan pintu mobil langsung bergegas meninggalkan bandara.

Berdasarkan informasi dari sopir yang mengantar TKA itu, Ruslan mengatakan, mereka (sopir) adalah kendaraan carteran ditugaskan.

"Kita ada sekitar 30 mobil semua carteran," kata Ruslan.

Saat ditanya TKA akan diantar kemana Ruslan mengaku belum mengetahui pasti karena masih menunggu arahan. 

Kedatangan 156 TKA ke Sultra hari ini, merupakan gelombang pertama. Ratusan TKA masih akan mendarat di Sultra pada gelombang selanjutnya,  dengan total keseluruhan sebanyak 500 orang.

Reoprter: Musdar

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga