Tolak RUU HIP, Ribuan Massa FPI dan FUI Gelar Aksi Demo di DPRD Sumut

Ones Lawolo, telisik indonesia
Jumat, 03 Juli 2020
0 dilihat
Tolak RUU HIP, Ribuan Massa FPI dan FUI Gelar Aksi Demo di DPRD Sumut
Massa FPI dan FUI tiba di gedung DPRD Sumatera Utara. Foto: Ones Lawolo/Telisik

" Saya Indonesia, Saya Pancasila, itu mana buktinya. Tolong cabut RUU HIP itu. "

MEDAN, TELISIK.ID - Ribuan massa Front Pembela Islam (FPI) dan Forum Umat Islam (FUI) menggelar unjuk rasa di Kantor DPRD Sumatera Utara, Jalan Imam Bonjol Medan, Jumat (3/7/2020).

Massa aksi yang menggunakan baju seragam putih dan loreng itu, tiba di gedung DPRD Sumut sekitar pukul 15.00 WIB. Mereka menyuarakan aspirasi yang sama yaitu penolakan Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).

"Kami tolak RUU HIP karena Pancasila itu dasar negara yang dibentuk oleh pendiri bangsa," kata Koordinator Lapangan, Ustadz Indra Suheri, MA, dalam orasinya di depan gedung DPRD Sumatera Utara.

Menurutnya, RUU HIP tidak sesuai dengan UUD 1945 dan Pancasila. Dia juga menduga RUU HIP tersebut ingin melumpuhkan unsur Ketuhanan Yang Maha Esa. Sebab, RUU HIP bisa mencederai Pancasila sekaligus memberikan ruang bagi komunis, PKI ataupun neo PKI masuk dan berkembang lagi di Indonesia.

Baca juga: RUU HIP Tak Masuk Dalam 16 RUU yang Ditarik dari Prolegnas

"Saya Indonesia, Saya Pancasila, itu mana buktinya. Tolong cabut RUU HIP itu," teriak Ustadz Indra Suheri bersemangat.

Dia juga meminta kepada pemerintah dan DPRD Sumatera Utara sebagai lembaga perwakilan rakyat agar aspirasi ini disampaikan ke DPR RI.

"Kami berharap kepada penegak hukum agar mengusut oknum-oknum yang menyusun dan mengusulkan draft RUU HIP karena diduga mengandung tindakan kejahatan terhadap keamanan negara. Jaga NKRI, jaga Pancasila," pungkasnya.

Pantauan Telisik.id, ribuan massa FPI dan FUI menyebabkan kerumunan, meski sudah ada imbauan untuk menjaga jarak fisik atau physical distancing guna pencegahan COVID-19.

Aksi ini dikawal ratusan aparat kepolisian dari Brimob Polda Sumut, Shabara Polrestabes Medan, dan Polsek Medan Baru.

Hingga berita ini dibuat, belum ada anggota DPRD Sumut yang menemui massa aksi. Dan saat ini, massa sedang melaksanakan salat ashar berjamaah di halaman Kantor DPRD Sumut.

Reporter: Ones Lawolo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga