Truffle, Jamur Termahal di Dunia dengan Segudang Manfaat untuk Kesehatan

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Jumat, 08 Juli 2022
0 dilihat
Truffle, Jamur Termahal di Dunia dengan Segudang Manfaat untuk Kesehatan
Salah satu alasan jamur truffle sangat mahal karena keberadaannya yang sulit ditemukan serta kandungannya yang miliki segudang manfaat bagi kesehatan. Foto: Repro Orami.co.id

" Jamur truffle diklaim sebagai jamur termahal di dunia, dikarenakan jamur ini termasuk jamur yang sangat langka "

KENDARI, TELISIK.ID - Bagi kamu yang pernah mendengar nama jamur truffle, tentu mengetahui jika jamur yang satu ini merupakan salah satu makanan yang memiliki harga yang fantastis. Bahkan jamur ini diklaim sebagai jamur termahal di dunia.

Hal itu dikarenakan jamur truffle ini termasuk jamur yang sangat langka. Sebab tidak seperti jamur lain pada umumnya yang hidup di atas tanah atau di batang pohon, jamur truffle tumbuh di akar pohon 5 hingga 10 sentimeter di bawah tanah. Dan dibutuhkan keterampilan dan alat khusus untuk mencari keberadaan mereka.

Mengutip dari Popmama.com, jamur truffle dikenal ada dua jenis, yakni truffle hitam dan truffle putih. Jenis truffle hitam biasanya dibanderol sekitar Rp 5,6 juta per 450 gram, sedangkan jenis truffle putih bisa jauh lebih mahal. Truffle putih bisa dibanderol sekitar Rp 31 juta per 450 gram.

Bedanya, jamur truffle hitam rasanya lebih pekat dan cocok untuk sajian tambahan kue-kue gurih, sedangkan truffle putih memiliki aroma dan rasa lebih lembut.

Jamur truffle tumbuh liar secara alami tanpa bisa diolah atau dikontrol produksinya. Jamur ini biasanya tumbuh subur di tempat-tempat yang lembab dan sejuk.

Jamur truffle tumbuh di jenis pohon tertentu, seperti pohon ek (oak), beech, pinus, atau hazel. Umumnya, tanaman ini tumbuh subur di dataran Eropa termasuk di Italia dan Perancis tetapi sejumlah spesies juga tumbuh di Pacific Northwest dan Australia.

Selain itu, yang membuat jamur truffle mahal adalah karena tanaman ini sulit dipanen. Setelah tumbuh, jamur ini tidak langsung keluar dari tanah.

Saat truffle panen, mereka secara alami melepaskan senyawa bau dan ini memudahkan untuk mencari keberadaannya. Biasanya dibutuhkan hewan pemburu dengan indra penciuman tajam untuk menemukan jamur truffle.

Baca Juga: Taiwan Tolak Produk Mi Instan dari Indonesia, Ada Apa?

Namun walau harganya fantastis, jamur ini tak jarang membuat banyak orang penasaran untuk mencicipinya. Selain itu, tedapat segudang manfaat kesehatan yang terkandung di dalam jamur ini.

Berikut 7 manfaat dari jamur truffle sebagaimana dikutip dari Kapanlagi.com:

1. Pencegah kanker

Karena memiliki kandungan antioksidan dan anti inflamasi, membuat jamur truffle sangat bermanfaat untuk pencegah dan mengobati penyakit kanker. Dan diyakini juga bahwa jamur truffle dapat memutus rantai risiko keturunan kanker.

2. Mencegah kolestrol

Manfaat jamur truffle selanjutnya yaitu dapat mencegah penyakit kolestrol. Hal tersebut karena di dalam jamur truffle terdapat kandungan yang kaya akan lemak HDL dan asam amino essensial yang sangat baik untuk mengatasi penyakit degeneratif seperti kolesterol.

3. Meningkatkan nafsu makan

Setiap jamur memiliki kandungan yang dapat meningkatkan adrenalin untuk kita selalu berkeringat dan membuat nafsu makan, dan tak terkecuali dengan jamur truffle.

Dengan memakan jamur, maka nafsu makan kita akan bertambah dan semakin banyak untuk mengonsumsi makanan. Maka dari itulah manfaat jamur truffle juga dapat menambah nafsu makan dengan baik.

4. Menyembuhkan penyakit mata

Dalam hadis Bukhari dan Muslim menyatakan bahwa, Rasulullah SAW pernah menyatakan jika air pada jamur truffle dapat menyembuhkan sakit mata.

Dan dalam Konferensi Internasional Kedokteran Islam di Kuwait terungkap bahwa, dalam jamur truffle terdapat al- kam'ah yang efektif untuk mengatasi trakoma, yaitu salah satu penyakit infeksi pada mata yang disebabkan oleh bakteri.

Selain itu ekstrak air Al Kam'ah dapat mencegah terjadinya pembentukan jaringan ikat atau fibrosis pada penyakit trakoma. Al Kam'ah juga kaya akan protein, karena kandungan lain yang terdapat dalam jamur ini seperti fosfor, kalium, sodium, kalsium, dan vitamin B12. Sehingga dapat mengobati kuku rapuh, bibir pecah-pecah dan gangguan penglihatan.

Baca Juga: Tiduri Ribuan Wanita, Ternyata 16 Juta Pria di Dunia Keturunan Genghis Khan

5. Mengurangi radang tenggorokan

Karena memiliki anti inflamasi, membuat jamur truffle dapat dengan baik mengurangi batuk dan radang tenggorokan. Itulah mengapa manfaat jamur truffle juga bisa meredakan sakit tenggorokan.

6. Mencegah penyakit jantung

Di dalam jamur truffle terdapat kandungan yang dapat membersihkan saluran darah yang ada di arteri jantung. Sehingga penyumbatan dan gangguan otot yang kerap menjadi penyebab penyakit jantung dapat diminimalisir secara alami dengan mengonsumsi jamur truffle.

7. Anti stres

Memiliki banyak kandungan vitamin, jamur truffle juga dapat berguna untuk mengobati stres. Kandungan gizi yang terdapat pada jamur truffle dapat mengontrol perkembangan hormon dalam tubuh, sehingga kita yang mengonsumsinya akan memiliki hormon anti stres yang baik sekali untuk kesehatan tubuh. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga