Tuntaskan Program Pasangan An-Nur Komitmen Kembali Duet di Pilkada 2024

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 04 Mei 2022
0 dilihat
Tuntaskan Program Pasangan An-Nur Komitmen Kembali Duet di Pilkada 2024
Bupati dan Wakil Bupati Kolut, Drs. H. Nur Rahman Umar, MH dan H. Abbas, SE saat mengikuti kegiatan ekspose hasil kinerja empat tahun terakhir kepemimpinan mereka di 15 kecamatan selama Ramadan. Foto: Diskominfo Kolut

" Indeks Kepuasan Masyarakat Kolaka Utara terkait hasil kinerja pemerintah di bawah kepemimpinan Drs. H. Nur Rahman Umar, MH dan H. Abbas, diklaim cukup memuaskan "

LASUSUA, TELISIK.ID - Indeks Kepuasan Masyarakat Kolaka Utara (Kolut) terkait hasil kinerja pemerintah di bawah kepemimpinan pasangan Bupati dan Wakil Bupati, Drs. H.  Nur Rahman Umar, MH dan H. Abbas diklaim cukup memuaskan.

Berdasarkan data yang diolah Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Sekertaris Daerah (Setda) Kolut 2021, tingkat kepuasan masyarakat alami peningkatan dari 80 persen yang ditargetkan naik menjadi 83,56 persen.

Data tersebut dipaparkan Nur Rahman-Abbas saat melakukan ekspose hasil kinerja empat tahun terakhir kepemimpinan mereka yang digelar di 15 kecamatan selama bulan suci Ramadan.

Menurut Nur Rahman, selama empat tahun terakhir bersama H. Abbas, mereka telah berbuat banyak guna merealisasikan program berjalan berdasarkan visi-misi yang dicanangkan di awal masa jabatannya.

Baca Juga: Dikelola Bumdes, Permandian Topa Terus Bersolek Target Cetak PAD Rp 100 Juta

“Kami ekspose agar masyarakat tahu program apa saja yang telah dijalankan, mana yang telah selesai dan yang perlu dilanjutkan,” katanya, Minggu (24/4/2022) lalu.

Keberhasilan program tentunya bukan atas dasar klaim pihaknya semata. Hal tersebut berdasarkan sejumlah raihan penghargaan dan apresiasi yang telah ditorehkan Pemkab Kolut di tingkat provinsi hingga level nasional baik di sektor pendidikan, perkebunan, kesehatan dan lain sebagainya.

Meski demikian, Politisi Partai Demokrat ini tidak menafikan jika masih ada sejumlah program yang masih ditangguhkan karena refocusing anggaran oleh pemerintah pusat akibat pandemi COVID-19.

“Hanya dua tahun pasca kami menjabat, anggaran masih bisa dikelola dengan baik oleh Pemkab. Tahun berikutnya mulai memasuki masa sulit akibat merebaknya COVID-19 hingga direfocusing berkali-kali yang mengakibatkan terbatasnya anggaran,” jelasnya.

Atas dasar tingkat kepuasan masyarakat tersebut, pasangan Drs. H. Nur Rahman Umar, MH dan H. Abbas, SE (An-Nur) kembali berkomitmen akan berpasangan pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2024 mendatang.

“Insya Alah kami akan kembali berpasangan di pilkada tahun 2024 mendatang untuk menyelesaikan program yang belum tercapai pada periode pertama,” tukasnya.

Pada momen yang sama, H. Abbas, SE menuturkan jika keluarga besar dan aspirasi masyarakat mengharapkan  Nur Rahman-Abbas (An-Nur) kembali solid pada Pilkada 2024 mendatang.

“Insya Allah melihat tingkat kepuasan masyarakat, kalau diberikan kepercayaan, maka kami berkomitmen akan kembali berpasangan untuk menyelesaikan setiap program Kolaka Utara Madani,” kata Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kolut itu.

Diketahui, dilansir dari kpu.go.id, pasangan bupati dan wakil bupati, H. Nur Rahman Umar dan H. Abbas terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Utara priode 2017-2022, melalui Pemilihan umum kepala daerah yang diselenggarakan pada tanggal 15 Februari 2017.

Baca Juga: Akses Jalan Menuju Daerah Terpencil Bombana Mulai Disentuh

Pasangan yang diusung 10 kursi dari gabungan 4 partai di DPRD Kolut yakni Partai Demokrat, Partai Gerindra, PKS dan PKB keluar sebagai pemenang pemilu dengan meraih 35.303 suara sah (47,23%).

Pasangan AN-Nur menang di 14 kecamatan dari 15 kecamatan di Kolut yakni Kecamatan Rante Anging, Lambai, Lasusua, Kodeoha, Watunohu, Pakue, Pakue Tengah, Pakue Utara, Batu Putih, Porehu, dan Tolala.

Sementara pasangan Bobi Alimuddin Page-Maksum Ramli (BAP-MR) yang diusung oleh PDI-P (6 kursi DPRD Kolut) meraih 27.442 suara atau 36,72 persen. Peraih suara terbanyak di Kecamata Ngapa.

Pasangan Anton-Haidirman Sarira (Aman) diusung dua partai dengan 6 kursi di DPRD Kolut. Dua partai pengusun tersebut PAN dan Golkar. Raihan suara pemili sah sebanyak 11.996 atau 16,05 persen. Menang di Kecamatan Wawo. (B-Telisik)

Reporter: Muh. Risal H

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga