UMKM Dibimbing Kelola Keuangan di Tengah Pandemi COVID-19

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Selasa, 24 November 2020
0 dilihat
UMKM Dibimbing Kelola Keuangan di Tengah Pandemi COVID-19
Bimbingan teknis bagi UMKM dalam pengelolaan laporan keuangan akibat pandemi COVID-19. Foto: Ist.

" Yang kami lakukan agar UMKM ini bisa mengelola manajemen keuangannya. Sehingga bisa terus bertahan, mulai dari menyusun laporan keuangan, bagaimana mengatur pendapatan, sehingga inilah fokus kami agar mereka tetap eksis di tengah pandemi. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pandemi COVID-19 mengakibatkan penurunan daya beli masyarakat. Pasalnya, pembatasan berskala besar di hampir semua daerah Indonesia mengakibatkan himpitan ekonomi.

Alhasil, para pelaku UMKM banyak terdampak hingga harus melakukan PHK bahkan gulung tikar. Maka untuk ikut terlibat dalam pemulihan sektor ekonomi akibat pandemi COVID-19, sejumlah dosen dari Fakultas Ekonomi Universitas Halu Oleo (UHO) melakukan bimbingan.

Bimbingan ini dilakukan ke tiga bidang UMKM, baik pimpinan maupun karyawan dan dilaksanakan pada 25 Oktober hingga 8 November 2020.

Tujuannya adalah untuk membantu dalam hal perencanaan pengelolaan keuangan untuk mempertahankan 'going concern' usaha akibat pandemi COVID-19.

"Yang kami lakukan agar UMKM ini bisa mengelola manajemen keuangannya. Sehingga bisa terus bertahan, mulai dari menyusun laporan keuangan, bagaimana mengatur pendapatan, sehingga inilah fokus kami agar mereka tetap eksis di tengah pandemi," ucap Tim pelaksana Dr. Erwin Hadisantoso, Selasa (24/11/2020).

Erwin melanjutkan, di era digital saat ini penting bagi UMKM melibatkan diri pada bidang teknologi. Sebab teknologi ini memudahkan bagi UMKM dalam proses pemasaran.

Baca juga: Haerul Saleh Ingatkan Petahana Tidak Menyeret ASN ke Politik Praktis

"Sehingga mereka mampu mempertahankan bahkan meningkatkan pendapatannya. Tanpa ada teknologi juga maka akan sulit di saat pandemi COVID-19. Tak lupa juga, dalam mengelola laporan keuangan harus dengan standar misalkan Akuntan Indonesia (AI)," tambah Erwin.

Akademisi Fakultas Ekonomi ini tak memungkiri akibat pandemi COVID-19 semua sektor merasakan dampak. Apalagi sektor UMKM, mulai dari menurunnya omset bahkan adanya PHK besar-besaran.

"Nah itulah kami dari akademisi, menitik beratkan dia (UMKM) mampu untuk masuk ke dalam penggunaan teknologi. Juga tidak adanya pengelolaan keuangan yang belum profesional. Sehingga mereka belum mampu melihat yang mana mengalami penurunan, sehingga itu tujuan kami," bebernya.

Tiga sektor yang dilakukan bimbingan antara lain sektor perumahan, supermarket dan distributor semen.

Tim yang terlibat adalah Dr. La Ode Anto, SE., M.Si., Ak.Ca (Ketua), Dr. Erwin Hadisantoso, SE., M.Si., Ak.Ca (anggota), Dr. Nasrullah Dalih, SE., M.Si., Ak.Ca (anggota), Andiswara (Mahasiswa S1), Dandi (Mahasiswa S1), Muhammad Zaikin (Mahasiswa S1). (B)

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga