Unik: Ilmuwan Jepang Temukan The Skeleton Panda, Badan Berbentuk Kerangka

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 25 Februari 2024
0 dilihat
Unik: Ilmuwan Jepang Temukan The Skeleton Panda, Badan Berbentuk Kerangka
Ditemukan menghuni perairan di Pulau Kumejima, makhluk ini menarik perhatian para ilmuwan setelah heboh di dunia maya. Foto: Nextshark.com

" Ilmuwan Jepang mengiidentifikasi spesies baru, Clavelina ossipandae. Hewan ini berukuran kurang dari satu inci (2 sentimeter), hewan ini pertama kali mendapatkan popularitas pada tahun 2017 setelah foto-foto penampakan khasnya muncul secara online "

TOKYO, TELISIK.ID - Ilmuwan Jepang mengiidentifikasi spesies baru, Clavelina ossipandae. Hewan ini berukuran kurang dari satu inci (2 sentimeter), hewan ini pertama kali mendapatkan popularitas pada tahun 2017 setelah foto-foto penampakan khasnya muncul secara online.

Penelitian yang dipimpin oleh mahasiswa doktoral tahun ketiga, Naohiro Hasegawa dari Universitas Hokkaido, melibatkan pengumpulan spesimen dan analisis lebih lanjut terhadap morfologi dan DNA makhluk tersebut.

Penelitian yang dipublikasikan pada 1 Februari di jurnal Species Diversity ini menegaskan bahwa Skeleton Panda Sea Squirt memang merupakan spesies baru seperti dikutip dari Japanese scinetist.yahoo.com.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Kura-Kura Tak Suka Warna Hitam

Mengutip Wikipedia.com, clavelina ossipandae atau kerangka panda sea squirt adalah spesies ascidian kolonial dalam keluarga Clavelinidae. Gambar tunikata menarik perhatian di Internet karena penampakannya yang seperti kerangka, hingga deskripsi taksonomi formalnya pada tahun 2024

Spesies ini diketahui dari perairan lepas pantai Pulau Kume, Jepang, dimana laporan asli dan sampel selanjutnya diperoleh. Koloni diamati pada kedalaman 10–5 meter (33–16 kaki).

Hewan itu memiliki bagian putih yang terlihat seperti tulang adalah pembuluh darah yang mengalir secara horizontal melalui insang penyemprot laut.

Bagian hitam di kepala yang terlihat seperti mata dan hidung panda hanyalah sebuah pola, dan kita tidak tahu persis mengapa pola itu ada.

Baca Juga: Ilmuwan Korea Temukan Beras Hybrid, Kaya Protein dan Lemak Sapi

Nama ilmiah Clavelina ossipandae diusulkan untuk merangkum fitur kerangka makhluk tersebut dan kemiripannya dengan panda.

Clavelina, genusnya, dikenal dengan tubuhnya yang berbentuk botol. Ossi, bahasa Latin untuk “tulang”, mengacu pada pembuluh darah putih yang menyerupai kerangka. Pandae mengacu pada bintik hitam di kepalanya, mengingatkan pada mata dan hidung panda.

Beberapa netizen Jepang dengan penuh kasih sayang menyebut "Skeleton Panda Sea Squirt" karena corak hitam-putihnya dan itulah yang kemudian dikenal secara online sejak saat itu. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga