Ikan Pari Jawa jadi Spesies Ikan Pertama di Dunia yang Punah Akibat Ulah Manusia

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Selasa, 26 Desember 2023
0 dilihat
Ikan Pari Jawa jadi Spesies Ikan Pertama di Dunia yang Punah Akibat Ulah Manusia
Ikan pari Jawa secara resmi dianggap punah akibat aktivitas perburuan yang tidak bertanggung jawab. Foto: Lokacita.com

" Kehidupan ikan pari Jawa, spesies yang telah lama menjadi bagian tak terpisahkan dari perairan sekitar Jawa, berakhir tragis karena ulah manusia yang tidak terkendali "

KENDARI, TELISIK.ID - Kehidupan ikan pari Jawa, spesies yang telah lama menjadi bagian tak terpisahkan dari perairan sekitar Jawa, berakhir tragis karena ulah manusia yang tidak terkendali.

Para ilmuwan dan peneliti lingkungan melaporkan bahwa ikan pari Jawa secara resmi dianggap punah akibat aktivitas perburuan yang tidak bertanggung jawab.

Dilansir dari Betahita.id, penilaian status punahnya pari jawa ini terakhir diketahui pada 31 Maret 2023, oleh sejumlah peneliti internasional yang dipimpin Charles Darwin University (CDU), yakni Constance, J., Ebert, DA, Fahmi, Finucci, B., Simeon, B. & Kyne, P.M.

Baca Juga: Unik: Jaga Hubungan Nikahnya Langgeng, Pasutri Ini Justru Tak Tinggal Serumah

Para peneliti mengatakan, hilangnya ikan pari jawa, kerabat kecil ikan pari, merupakan kepunahan ikan laut pertama akibat ulah manusia.

Mereka menjelaskan, ikan jenis ini hanya diketahui dari holotipe atau satu spesimen yang dikumpulkan pada 1862 dari sebuah pasar ikan di Jakarta. Sebaran dan habitat keseluruhan spesies ini tidak diketahui secara pasti, namun karena kurangnya catatan di wilayah sekitarnya, spesies ini diasumsikan memiliki wilayah jelajah yang terbatas di Laut Jawa. Spesies ini berukuran kecil, dengan satu-satunya spesimen yang diketahui berukuran panjang total 33,8 cm.

Penyebab utama kepunahan ini adalah eksploitasi berlebihan dan ilegal terhadap ikan pari Jawa. Perburuan yang tidak terkendali untuk memenuhi permintaan pasar, terutama untuk sirip ikan, telah memangkas populasi ikan pari Jawa menjadi titik tanpa harapan.

Meskipun beberapa upaya pelestarian telah dilakukan, namun sudah terlambat untuk menyelamatkan spesies yang sudah nyaris punah ini.

Dampak dari kehilangan ikan pari Jawa sangat besar. Spesies ini memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem laut di sekitar Jawa. Kehadirannya bukan hanya sebagai bagian dari keindahan bawah laut, tetapi juga dalam menjaga populasi beberapa spesies lain yang dapat berdampak pada ketahanan ekosistem perairan.

Ketidakberdayaan masyarakat dan pemerintah dalam mengatasi perburuan ilegal menjadi pelajaran berharga. Organisasi lingkungan dan aktivis menyuarakan perlunya penegakan hukum yang lebih ketat, edukasi masyarakat, serta langkah-langkah konservasi yang lebih agresif untuk melindungi spesies lain yang masih dapat diselamatkan.

Baca Juga: 3 Resep Ide Kue Natal dengan Bentuk Unik dan Menarik

Tragedi kehilangan ikan pari Jawa harus menjadi panggilan bagi semua pihak untuk bersatu dalam melindungi keberagaman hayati laut yang semakin terancam oleh ulah manusia. Hanya dengan kesadaran dan tindakan kolektif kita dapat mencegah kejadian serupa di masa depan.

Sementara itu, dilansir dari mongabay.co.id, sebelum disimpulkan punah, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) lebih dulu melakukan penelitian sejak lebih dari 20 tahun lalu terhadap Pari di Indonesia. Salah satu spesies yang ikut diteliti, adalah Pari Jawa, yang hanya pernah ditemukan sekali.

Peneliti dari Pusat Riset Oseanografi Badan Riset dan Inovasi Nasional (PRO BRIN) Fahmi, membenarkan bahwa saat ini Pari Jawa sudah dinyatakan punah dan diakui secara resmi oleh the International Union for Conservation of Nature (IUCN). (C)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga