Unik, Kuda Laut Jantan Ternyata Bisa Lahiran

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 18 Februari 2024
0 dilihat
Unik, Kuda Laut Jantan Ternyata Bisa Lahiran
Kuda laut merupakan hewan yang berkembang biak dengan cara yang unik. Dalam kasus kuda laut, peran utama dalam berkembang biak adalah dilakukan oleh jantan, bukan betina. Foto: Okezone.com

" Kuda laut merupakan hewan yang berkembang biak dengan cara yang unik. Dalam kasus kuda laut, peran utama dalam berkembang biak adalah dilakukan oleh jantan, bukan betina "

KENDARI, TELISIK.ID - Kuda laut merupakan hewan yang berkembang biak dengan cara yang unik. Dalam kasus kuda laut, peran utama dalam berkembang biak adalah dilakukan oleh jantan, bukan betina.

Sang jantan lah yang harus memikirkan cara bagaimana anaknya bisa terlahir ke dunia dengan kondisi yang baik. Kuda laut jantan adalah seorang ibu. Mereka melakukan ini dalam kantong mirip rahim lengkap dengan plasenta yang bisa ditemukan di ekor mereka, sebagaimana dilansir dari Liputan6.com.

Kuda laut adalah sebutan umum untuk ikan dari keluarga Syngnathidae, yang juga mencakup keluarga pipa-pipa (pipefishes) dan ikan jarum (seahorses). Kuda laut berkembang biak dengan cara ovovivipar alias bertelur dan melahirkan.

Baca Juga: Unik, Ternyata Ini Alasan Kucing Suka Menggigit Pemiliknya

Melansir Okezone.com, kuda laut betina menghamili jantan dengan memasukkan telurnya ke dalam kantong di bagian depan ekornya. Nantinya si kuda laut jantan akan melepaskan sperma untuk membuahi sel telur tersebut.

Jantan lantas akan mengerami bayi-bayinya selama 34 hari. Para peneliti telah menemukan bahwa kuda laut jantan juga akan memberi mereka oksigen dan nutrisi selama proses pengeraman berlangsung.

Tim peneliti Australia telah menemukan mekanisme yang memungkinkan kuda laut jantan mepakuoan persalinan. Dalam studi yang diterbitkan di jurnal Placenta, kuda laut jantan melahirkan dengan cara yang tak biasa.

Baca Juga: Deretan Hewan dengan Mata Paling Unik di Dunia

Persalinan yang dilakukan oleh hewan jantan biasanya di dorong oleh hormon oksitosin, yang mengontraksikan otot polos rahim untuk mendorong bayi keluar.

Tetapi tim peneliti menemukan sesuatu yang unik pada persalinan kuda laut, di mana jaringan otot kantong induk kuda laut tidak merespon oksitosin versi ikan, tetapi kantong itu sendiri mengandung sangat sedikit jaringan otot polos.

Mereka menemukan kuda laut jantan memiliki tiga tulang kecil di pembukaan kantong induk di mana sirip dubur menempel pada otot rangka. Ini berbeda dengan betina yang tidak memiliki sirip dubur sama sekali. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga