Upaya Kades di Kolaka Utara Wujudkan Pasar Sesuai Syariat Islam

Muh. Risal H, telisik indonesia
Kamis, 06 Februari 2020
0 dilihat
Upaya Kades di Kolaka Utara Wujudkan Pasar Sesuai Syariat Islam
Kades Salodongka (songko hitam), Isnandar saat sidak di pasar. Foto: Muh. Risal/Telisik

" Kami berharap melalui sidak ini, pedagang tidak berlaku curang terhadap konsumen dengan cara mengurangi timbangan atau tera yang telah dimodifikasi. Selain itu, kami meminta baik pedagang maupun pengunjung pasar wanita supaya berhijab jika ingin melakukan transaksi di pasar Madani. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Sejak terpilih dan resmi dilantik Januari 2020 lalu sebagai orang nomor satu di Desa Saludongka, Kecamatan Pakue Utara, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Isnandar, S.Pd mulai melakukan gebrakan baru dengan menggelar inspeksi mendadak (Sidak) di pasar tradisional Madani, Desa Saludongka.

Didampingi Sekretaris Desa, Bhabinkamtibmas Polsek Batu Putih, Babinsa, Pengurus BUMDes, Imam Desa, Linmas, dan prangkat desa lainnya, Isnandar menelusuri setiap lorong pasar untuk memantau aktifitas jual beli sekaligus memastikan proses transaksi berlangsung sesuai dengan sunnah dan syariat Islam.

Baca Juga: Pelatihan Program Admistrasi Perkantoran BLK Kendari Mulai Berjalan

Kata Isnandar, fokus dan sasaran sidak kali ini adalah mengontrol harga komoditi 3 bulan menjelang Ramadhan, pemeriksaan alat ukur (tera) penjual, sosialisasi bagi wanita baik penjual maupun pembeli untuk berhijab jika ingin berbelanja di pasar tradisional Madani, sosialisasi penanganan sampah pedagang, dan penertiban lahan parkir.

"Kami berharap melalui sidak ini, pedagang tidak berlaku curang terhadap konsumen dengan cara mengurangi timbangan atau tera yang telah dimodifikasi. Selain itu, kami meminta baik pedagang maupun pengunjung pasar wanita supaya berhijab jika ingin melakukan transaksi di pasar Madani," jelas Isnandar, kepada media Telisik.Id, Rabu (5/2/2020).

Untuk penanganan limbah atau sampah agar tidak berserakan, pemerintah desa telah menyiapkan  tong sampah di setiap sudut lorong pasar. 

Lebih lanjut, Isnandar mengungkapkan, pemerintah desa akan terlibat secara langsung dan berusaha menjadikan Salodongka sebagai desa percontohan bagi desa lainnya dalam merealisasikan visi misi Pemerintah (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) yang ingin menjadikan Kolut sebagai Kabupaten Madani.   

"Insyaallah ini komitmen kami sebagai pemimpin, terlebih lagi jabatan adalah sebuah amanah yang akan dipertanggungjawabkan dunia akhirat. Sehingga ke depannya kami akan berusaha untuk menjadikan pasar Madani Desa Saludongka sebagai pasar yang mencerminkan perilaku sesuai sunnah dan syariat Islam dalam bertransaksi," ungkapnya.

Reporter: Muh. Risal
Editor: Rani

Artikel Terkait
Baca Juga