Upaya Pemda Muna Barat Cegah Konflik Beragama pada Pemilu 2024

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 03 Januari 2023
0 dilihat
Upaya Pemda Muna Barat Cegah Konflik Beragama pada Pemilu 2024
Perayaan Hari Amal Bakti Kemenag RI ke-77, Pemda Muna Barat mengajak umat beragama untuk tetap rukun dalam menghadapi Pemilu 2024. Foto: Ist.

" Hindari konflik pada Pemilu 2024, Pemerintah Daerah Muna Barat canangkan tagline kerukunan umat untuk Indonesia hebat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Hindari konflik pada Pemilu 2024, Pemerintah Daerah Muna Barat canangkan tagline kerukunan umat untuk Indonesia hebat.

Dalam peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI ke-77, Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, momen ini sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kemenag dalam melayani umat beragama di Indonesia, untuk itu ia mengajak seluruh ASN Kemenag Muna Barat untuk selalu memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan.

"Kita canangkan tagline kerukunan umat untuk Indonesia hebat, maka ini menjadi tugas berat yang ditunaikan oleh ASN Kemenag," ungkapnya, Selasa (3/1/2023).

Kata Bahri, menjelang Pemilu 2024 mendatang kerukunan sangat fluktuatif dan dinamis sering diuji, mengingat kerukunan ialah prasyarat pembangunan nasional, pasalnya pembangunan membutuhkan stabilitas serta stabilitas itu dapat terwujud bila antar masyarakat rukun dan damai.

Baca Juga: Bantuan Korban Banjir di Sampang Madura Mulai Dikirim

Ia mengatakan, di tahun politik ini potensi terjadi ketidak rukunan di masyarakat akibat perbedaan dalam pilihan politik, di mana politisi agama makin sering dilakukan untuk meraih efek elektoral, tak hanya itu politisi tempat ibadah juga sebagai ajang kampanye telah terjadi.

Untuk itu, penggunaan politik identik menjelang pemilu serta ditimigasi agar kerukunan umat tidak ternodai, ia mengajak seluruh masyarakat untuk belajar dalam mengamati pesta demokrasi sebelumnya, pasalnya masyarakat saat ini masih terbelah terutama pada media sosial.

"Hingga saat ini kita masih bisa rasakan efek dari pesta demokrasi sebelumnya, di mana masyarakat masih terbelah," ujarnya.

Dikatakan, keluarga besar Kemenag bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat harus terdepan dalam membina dan membangun kerukunan dan kedamaian agar perjalanan dan tahapan pemilu dapat dinikmati sebagai pesta demokrasi yang sesungguhnya.

"Saya minta tidak ada ASN Kemenag yang partisan terlebih melakukan provokasi di tengah keragaman pilihan, harus menjadi simpul kerukunan umat untuk mengantar pada Indonesia hebat," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Muna Barat, Adnan Saufi mengatakan, pihaknya bersama pemerintah daerah serta forum kerukunan umat beragama akan melakukan jalan sehat dengan terus mengkampanyekan kerukunan, sebab saat ini pihaknya gencar dalam kampanye terkait toleransi bagi masyarakat.

"Kami mencoba mengkanter itu dengan kegiatan positif terkait kerukunan, untuk membuktikan bahwa kita rukun dalam kehidupan bermasyarakat," ujarnya.

Baca Juga: Kemenag Warning ASN Terlibat Penggunaan Politik Identitas

Ia juga mengatakan, tahun 2023 ini dicanangkan sebagai tahun toleransi, sehingga pihaknya terus merajut kerukunan di masyarakat dengan mengambil peran menjaga umat beragama agar tetap rukun, serta menjaga rumah ibadah tidak akan dijadikan ajang untuk kepentingan politik.

Untuk itu, Kemenag Muna Barat akan selalu bersilahturahmi bersama para tokoh agama guna memastikan tidak adanya kontaminasi dan dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk kepentingan politik.

"Kita kedepankan agama di atas segalanya, tidak boleh dicederai agar tetap menjaga kerukunan beragama," tutupnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga