Vaksinasi COVID-19 di Kendari Belum Jelas

Sumarlin, telisik indonesia
Senin, 14 Desember 2020
0 dilihat
Vaksinasi COVID-19 di Kendari Belum Jelas
Ilustrasi vaksin COVID-19. Foto: timesofindia. com

" Sekarang dalam tahap verifikasi atau pengujian dari Badan POM dan izin dari Badan POM belum keluar. Jadi daerah, provinsi, kabupaten dan kota masih menunggu instruksi lebih lanjut dari nasional. "

KENDARI, TELISIK. ID - Hingga saat ini, Pemerintah Kota Kendari belum mendapatkan kepastian tentang rencana pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi warga Kota Kendari.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, Rahminingrum mengatakan, vaksinasi COVID- 19 masih membutuhkan proses panjang, karena setelah tiba tanggal 6 Desember di Indonesia, vaksin asal China itu masih akan melalui proses di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), jika semua tahapan sudah dilalui baru distribusi ke daerah dilakukan.

"Sekarang dalam tahap verifikasi atau pengujian dari Badan POM dan izin dari Badan POM belum keluar. Jadi daerah, provinsi, kabupaten dan kota masih menunggu instruksi lebih lanjut dari nasional," ungkapnya.

Baca juga: Tekan Penyebaran COVID-19, Pemkot Kendari Maksimalkan Screening Karyawan Swasta

Rencananya, lanjut Rahminingrum, jika sudah ada maka sasaran pertama vaksinasi dilakukan pada tenaga kesehatan, karena mereka dianggap yang paling rentan tertular COVID-19.

Tentang penolakan terhadap vaksin ini, Kadis kesehatan menjelaskan, jika kebijakan yang diambil pemerintah ini sudah melalui proses yang panjang dan matang sehingga bisa menjaga warganya.

Dia berharap, vaksin ini bisa menjaga warga dari virus COVID-19. Namun bukan berarti warga sudah terbebas dari virus mematikan ini. Penerapan protokol kesehatan dan membudayakan 3 M, merupakan salah satu upaya meminimalisir penyebaran COVID- 19.

Untuk Kota Kendari, rencananya pekan ini akan dilakukan simulasi pelaksanaan vaksin COVID-19. Simulasi akan dilakukan di Puskesmas Benu-benua. Simulasi ini hanya akan melibatkan tenaga kesehatan. (B)

Reporter: Sumarlin

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga