Wanita di Negara Ini Dipaksa Jual Diri demi Beli Pembalut, Diganti Pakai Bulu Ayam dan Koran

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 07 November 2022
0 dilihat
Wanita di Negara Ini Dipaksa Jual Diri demi Beli Pembalut, Diganti Pakai Bulu Ayam dan Koran
Penelitian eksklusif terbaru oleh Unicef menemukan fakta bahwa banyak gadis di Kenya dipaksa jual diri untuk dapat pembalut. Foto: detikcom

" Penelitian eksklusif terbaru oleh Unicef menemukan fakta bahwa banyak gadis di Kenya dipaksa jual diri untuk mendapatkan produk sanitasi, yang disebabkan situasi kemiskinan bercampur rasa malu, stigma dan salah informasi tentang menstruasi "

KENYA, TELISIK.ID - Penelitian eksklusif terbaru oleh Unicef menemukan fakta bahwa banyak gadis di Kenya dipaksa jual diri untuk mendapatkan produk sanitasi, yang disebabkan situasi kemiskinan bercampur rasa malu, stigma dan salah informasi tentang menstruasi.

Melansir Liputan6.com, disebutkan bahwa 65 persen wanita di perkampungan Kibera, yang berada di dalam ibukota Nairobi merupakan daerah kumuh perkotaan terbesar di Afrika, terpaksa memperdagangkan seks demi mendapat pembalut wanita.

Badan amal kemanusiaan tersebut menemukan 10 persen remaja putri di Kenya Barat, mengaku melakukan seks transaksional demi mendapat pembalut.

Baca Juga: Hilang Seabad Lalu, Perhiasan Raja Tutankhamun Kini Ditemukan

Penelitian tersebut juga menemukan 54 persen gadis Kenya melaporkan tantangan mengakses produk-produk manajemen kebersihan menstruasi, dan 22 persen anak perempuan usia sekolah menunjukkan mereka membeli produk sanitasi dengan upaya mandiri.

"Di sini, ada angkutan umum yang disebut 'boda bodas', di mana para gadis setempat kerap terpaksa mengiyakan 'keinginan seksual' pengemudinya, dengan imbalan diantar membeli pembalut," jelas Andrew Tevett, kepala urusan Air, Sanitasi, dan Higienitas pada Unicef di Kenya.

"Hal ini terjadi karena dua alasan. Salah satu alasan yang jelas adalah kemiskinan. Anak gadis dan wanita tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli produk sanitasi," lanjutnya menjelaskan.

Melansir Merdeka.com, dijelaskan pula oleh Trevett bahwa seks transaksional untuk produk sanitasi terjadi karena barang-barang tersebut tidak tersedia di desa-desa tempat para korban tinggal.

Di pedesaan, anak gadis dihadapkan oleh sedikit armada transportasi dan ketidakmampuan dalam membayar ongkos bus. Di beberapa desa terpencil, bahkan tidak ada jalan dan tidak ada layanan bus sama sekali.

Baca Juga: Negara Ini Ada Jasa Tidur di Atas Bokong Wanita Cantik, Buat Pria Melepas Lelah

Trevett juga mencatat bahwa tabu yang mengakar kuat tentang menstruasi, membuat warga Kenya mengalami kelangkaan informasi yang tersedia untuk wanita dan anak perempuan.

Minimnya informasi tentang penanganan menstruasi adalah masalah besar di Kenya, di mana Unicef menemukan tujuh persen wanita dan anak gadis setempat bergantung pada kain lama, potongan selimut, bulu ayam, lumpur dan koran, dibandingkan pembalut.

Sebanyak 46 persen lainnya menggunakan bantalan sekali pakai dan enam persen menggunakan bantalan yang dapat digunakan kembali.

Selain itu, 76 persen wanita dan anak gadis di Kenya menghadapi tantangan dalam mendapatkan akses ke fasilitas air dan sanitasi yang memadai untuk menstruasi. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga