Wanita Ini Hidup dari Hasil Jualan Pakaian Rombengan

Erni Yanti, telisik indonesia
Kamis, 06 Juli 2023
0 dilihat
Wanita Ini Hidup dari Hasil Jualan Pakaian Rombengan
Seorang pembeli yang sedang memilih pakain rombengan untuk dibelinya. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Bintang, seorang wanita yang menggantungkan hidupnya dengan berjualan barang bekas rombengan atau lebih dikenal RB di samping pasar basah Mandonga, Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Bintang, seorang wanita yang menggantungkan hidupnya dengan berjualan barang bekas rombengan atau lebih dikenal RB di samping pasar basah Mandonga, Kota Kendari.

Menjual pakain RB dilakukannya sudah puluhan tahun sejak gadis hingga ia tua, tumpukan barang bekas tersebut sudah menjadi teman setiap harinya yang dijual di pasar.

Sebelumnya ia hanya ikut orang tua dalam berjualan RB, namun karena ia merasa hanya pekerjaan tersebut yang membuatnya nyaman, maka ia lanjutkan.

Di tengah gempuran banyak penjual barang bekas rombengan, tidak membuatnya berpikir pesimis untuk menyudahi perjaannya.

Baca Juga: Wanita Ini Pilih Nikah Muda dan Mualaf

"Sudah banyak sekali yang menjual tapi sudahlah rezeki sudah diatur, kita jual saja," tuturnya, Rabu (6/7/2023).

Ia memulai usaha menjual pakaian bekas rombengan dengan pelan-pelan, menurutnya, kesabaran harus dimiliki karena para pembeli terkadang memilih-milih terlebih dahulu.

Walaupun penghasilan yang didapat tidak begitu menentu untuk diprediksi, namun tetap ia jalani dengan tekun untuk membuat kehidupanya berkembang.

Ia katakan, untuk penjual pakain RB tidak memiliki pelanggan tetap sehingga sulit diketahui kisaran pendapatan setiap harinya.

Baginya menjadi penjual RB tidak mencari keuntungan besar, akan tetapi ia jalani sebagai matapencaharian satu-satunya.

"Ya setidaknya bisa untuk makan dan tanggung anak, kita harus mensyukuri," tuturnya.

Ia bertahan menjual pakain bekas karena bisa menjanjikan untuk perkembangan kehidupannya, selain itu bentuk kecintaan terhadap dunia perdagangan.

Lapak penjualannya dilengkapi semua jenis barang mulai dari ukuran anak-anak, remaja hingga dewasa hingga para pelanggan mencari kebutuhan pakain yang dicari sudah lengkap.

Baca Juga: Gadis Ini Pilih Sembunyi Identitas Sebagai Mualaf

Sementara salah seorang pembeli, Sarwani menututkan, sudah sering membeli RB karena melihat kualitasnya yang tahan lama.

"Saya sering beli RB karena menurutku barangnya tahan dan juga berkualitas untuk dipakai waktu lama," tuturnya.

Pembeli yang lain juga, Eta mengatakan hal yang sama terkait kualitas RB sehingga ia lebih memilih membeli barang tersebut yang walaupun pakain bekas. (A)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga