adplus-dvertising

Warga Jangan Ragu Awasi Proyek Pekerjaan Fisik di Mubar

Laode Pialo, telisik indonesia
Kamis, 09 September 2021
873 dilihat
Warga Jangan Ragu Awasi Proyek Pekerjaan Fisik di Mubar
Proyek pekerjaan peningkatan jalan desa Kampobalano, Kecamatan Sawerigadi Muna Barat. Foto: Laode Pialo/Telisik

" Kepedulian dan pengawasan dari masyarakat terhadap pelaksanaan proyek pekerjaan fisik di lapangan sangat diharapkan. "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Masyarakat diminta agar turut berpartisipasi mengawasi proyek pekerjaan fisik yang sedang berjalan di lingkup Pemkab Muna Barat (Mubar).

Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Internal Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Fisik Setda Mubar, Agustamin Sudjiono.

Menurutnya, kepedulian dan pengawasan dari masyarakat terhadap pelaksanaan proyek pekerjaan fisik di lapangan sangat diharapkan.


Dengan partisipasi aktif yang dilakukan masyarakat, sebagai stakeholder dapat membantu suksesnya realisasi proyek, sekaligus suksesnya kinerja dari pelaksana proyek yang bersangkutan.

Terlebih lagi hasil akhir dari pekerjaan proyek itu, nantinya akan dinikmati langsung oleh masyarakat sendiri.

"Kepedulian masyarakat terhadap proyek yang tengah dikerjakannya sangat penting dan sangat bermanfaat, karena apa yang dikerjakan sekarang hasilnya untuk kemaslahatan hidup masyarakat banyak," kata Agustamin.

Baca juga: SPAM Mangkrak, Aleg Asal Dapil VI Dinilai Tak Bertaring

Baca juga: Bak Tsunami Kecil, Warga Batu Gong Was-Was

Mantan Kadis Perindag Mubar itu mengaku, tim monitoring dan evaluasi Setda Mubar tidak sepenuhnya bisa menjangkau seluruh pekerjaan fisik di lapangan.

Olehnya itu, perlu ada informasi dan bantuan dari masyarakat setempat  untuk berpartisipasi, serta mengawal program pemerintah yang sedang berjalan.

Jika ini dilakukan, akan berdampak positif serta mengurangi berbagai kejanggalan di lapangan.

"Makanya saya harap ada bantuan dari masyarakat. Mungkin ada hal-hal yang dianggap tidak sesuai dengan kondisi sesungguhnya. Karena hadirnya tim ini untuk mengidentifikasi masalah di lapangan saat proses itu sementara jalan. Kalau sudah selesai pekerjaan untuk apa lagi ini tim," tambahnya.

Nantinya, lanjut dia, laporan dari masyarakat akan dikonfirmasikan kepada kepala OPDnya sebagai bahan bupati. Pasalnya, dasar terbentuknya tim ini adalah untuk memastikan laporan bulanan yang dikirim oleh setiap OPD realistis sesuai dengan lapangan.

"Kan mereka ini melaporkan progres fisik dan keuangan setiap bulan. Untuk memastikan bahwa laporan itu realistis maka Pak bupati memerintahkan kita turun lapangan," pungkasnya. (C)

Reporter: Laode Pialo

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga