Warga Kendari Dapat Memilih Vaksin yang Akan Digunakan

Siswanto Azis, telisik indonesia
Sabtu, 25 September 2021
0 dilihat
Warga Kendari Dapat Memilih Vaksin yang Akan Digunakan
Suasana vaksinasi bagi para pelajar. Foto: Siswanto Azis/Telisik

" Pemerintah pusat telah mendistribusikan ratusan dosis Vaksin Moderna ini ke masyarakat "

KENDARI, TELISIK.ID - Saat ini penyuntikan vaksin moderna COVID-19 bagi masyarakat umum  sudah dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, Rahminingrum mengatakan, penyuntikan Vaksin Moderna kepada warga diberikan hingga dosis kedua, berbeda dengan tenaga kesehatan hingga mencapai dosis ketiga.

“Pemerintah pusat telah mendistribusikan ratusan dosis Vaksin Moderna ini ke masyarakat,” katanya, Sabtu (25/9/2021).

Selain itu, Dinas Kota Kendari memberikan pilihan kepada masyarakat untuk memilih jenis vaksin yang akan digunakan, apakah Moderna atau Sinovac yang saat ini telah banyak diberikan kepada masyarakat.

“Kami kasih pilihan mau terima vaksin Sinovac atau Moderna, tinggal masyarakat yang menentukan,” tuturnya.

Untuk itu, bagi masyarakat yang ingin menerima vaksin Moderna, dapat diperoleh di kantor Dinas Kesehatan Kota dan di 15 Puskesmas terdekat milik pemerintah setempat.

Baca Juga: DPRD Dukung Pembukaan Objek Wisata di Kendari

Baca Juga: Terbang di Wilayah Ini Masih Pakai PCR

Lebih lanjut, kata dr. Rahminunggrum, kedua vaksinasi ini yakni Moderna dan Sinovac tidak ada perbedaan, keduanya sama-sama untuk membentuk imun tubuh sehingga diyakini dapat mencegah risiko terinfeksi COVID-19.

“Vaksin Moderna ini menggunakan komponen materi genetik yang membuat sistem kekebalan tubuh memproduksi spike protein yang akan memicu sistem imun sehingga menghasilkan antibodi,” jelasnya.

Dengan adanya dua jenis vaksin ini, ia berharap dapat mendorong animo masyarakat untuk berpartisipasi dalam program vaksinasi.

“Untuk mencapai kekebalan kelompok sebagai upaya mempercepat penanganan pandemi global COVID-19, masyarakat dapat melakukan vaksinasi,” terangnya. (C)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga