DPRD Dukung Pembukaan Objek Wisata di Kendari

Sumarlin, telisik indonesia
Sabtu, 25 September 2021
0 dilihat
DPRD Dukung Pembukaan Objek Wisata di Kendari
Kebun Raya Kendari, merupakan salah satu objek wisata yang sudah mulai dibuka oleh Pemerintah Kota Kendari. Foto: Sumarlin/Telisik

" Apalagi, kata dia, pasca penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di level 3 sangat berdampak pada perekonomian masyarakat "

KENDARI, TELISIK.ID - Kebijakan Pemerintah Kota Kendari yang mengizinkan kembali beroperasinya objek wisata, mendapatkan dukungan dari legislatif.

Wakil Ketua DPRD Kota Kendari Samsuddin Rahim mengatakan, penurunan status Kota Kendari dari level 3 menjadi level 2, memang harus dibarengi dengan keluarnya sejumlah kebijakan.

Apalagi, kata dia, pasca penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di level 3 sangat berdampak pada perekonomian masyarakat.

"Saat ini kebijakan pemerintah Kota Kendari harus lebih longgar terhadap pelaku usaha, utamanya objek wisata, tapi protokol kesehatan tetap diterapkan," katanya, Sabtu (25/9/2021).

Selain menghidupkan aktivitas perekonomian masyarakat sekitar, tempat wisata itu juga merupakan salah satu saluran warga untuk mengurangi kepenatan dan tekanan terhadap penyebaran COVID-19.

Jika masyarakat dalam kondisi senang atau terhibur, maka akan berdampak pada peningkatan imun tubuh.

Sebelumnya, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengeluarkan Surat Edaran (SE) Wali Kota Kendari nomor 440/5439/2021 tentang PPKM level 2 dan pengendalian Covid-19 di Kota Kendari.

Baca Juga: Terbang di Wilayah Ini Masih Pakai PCR

Baca Juga: Dinilai Membahayakan, Jalan Mayjen Katamso Depan SMAN 5 Kendari Akhirnya Ditutup

Dalam surat edaran itu, wali kota mengatakan, pembukaan sejumlah tempat wisata sudah diatur dalam  salah satu poin yang diatur dalam SE tersebut yakni pelaksanaan kegiatan pada area publik salah satunya tempat wisata diizinkan buka dengan pembatasan kapasitas maksimal 50 persen dengan protokol kesehatan (prokes) ketat.

"Prokes tetap jadi prioritas. Setiap pengunjung wajib menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, dan menjaga jarak aman," katanya.

Wali kota juga meminta agar tetap waspada dan tetap patuh prokes, karena saat ini ada varian baru lagi yaitu varian Mu dan Lambda.

"Kita berdoa mudah-mudahan varian baru ini tidak masuk di Indonesia. Karena itu kita terus lakukan upaya mitigasi dan penanganan," pungkasnya.

Tempat wisata yang sudah dibuka di Kota Kendari diantaranya Kebun Raya.  (C)

Reporter: Sumarlin

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga