Warga Kendari Diimbau Tak Buang Sampah di Luar TPS untuk Cegah Bau Busuk dan Kumuh

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 17 September 2024
0 dilihat
Warga Kendari Diimbau Tak Buang Sampah di Luar TPS untuk Cegah Bau Busuk dan Kumuh
Kondisi sampah di luar TPS yang dibuang sembarangan oleh warga. Foto: Fitrah/Telisik

" Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) mengimbau warga untuk tidak membuang sampah di luar Tempat Pembuangan Sementara "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) mengimbau warga untuk tidak membuang sampah di luar Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

Imbauan ini disampaikan sebagai bagian dari upaya bersama untuk menjaga kebersihan lingkungan dan meningkatkan efisiensi pengelolaan sampah di Kota Kendari.

Sekretaris DLHK Kendari, Muhammad Rusmin, menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan kota. Menurutnya, kebiasaan membuang sampah sembarangan atau di luar TPS berdampak negatif terhadap estetika lingkungan serta kesehatan masyarakat.

Baca Juga: HUT Polda Sulawesi Tenggara ke-28, Tiga Personel SIP Polri Angkatan 53 Diganjar Penghargaan

“Kami mengajak seluruh warga untuk memastikan sampah dibuang di TPS yang telah disediakan. Ini merupakan tanggung jawab bersama demi kota yang lebih bersih dan sehat,” ujarnya, belum lama ini.

Selain itu, Rusmin menambahkan, pihaknya juga mengharapkan agar masyarakat dapat mematuhi aturan terkait jam buang sampah, yakni dari jam 6 sore hingga 6 pagi.

Sebelumnya, salah seorang sopir armada pengangkut sampah, Amsar, mengatakan sudah menjadi kewajiban para petugas kebersihan untuk mengangkut sampah dari bak TPS ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Namun, Amsar mengungkapkan bahwa tantangan yang sering dihadapi para petugas adalah masih banyak warga yang sembarangan membuang sampah. Sampah sering dibuang di luar TPS atau bahkan di drainase, membuat petugas kesulitan untuk mengangkutnya.

Amsar menekankan bahwa kondisi akan berbeda jika sampah dibuang tepat di dalam TPS, terutama jika sudah dikemas dalam kantong plastik. “Kalau sudah di plastik dan dibuang dalam TPS itu dapat membantu meringankan tugas kami,” katanya.

Sementara itu, salah satu warga Kota Kendari, Abu Fatih, sangat mendukung imbauan untuk meminta masyarakat agar tertib dalam membuang sampah di TPS.

“Biasa memang kita lihat sampah itu banyak di luar TPS. Padahal itu TPS masih kosong ji dalamnya,” katanya, Selasa (17/9/2024).

Baca Juga: Jelang Kampanye 25 September 2024, Begini Penerapan Aturan Keterlibatan ASN

Dengan membuang sampah di luar TPS, kata dia, memberikan dampah negatif bagi lingkunga, seperti bau busuk dari sampah lebih tercium dan membuat lingkungan sekitar TPS terlihat kumuh.

“Yang tadinya bersih ji ini sekitar TPS, tapi karena warga sendiri yang buang sampahnya sembarangan, jadinya terlihat kumuh,” ujarnya.

“Jadi kalau saya sendiri kalau buang sampah selalu turun dari motor, baru saya buang tepat di dalam TPS. Karena biasanya saya lihat ada orang hanya lempar saja sampahnya, mereka tidak pastikan sampah yang dia buang itu masuk dalam TPS atau tidak,” tambahnya. (A)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga