Warga Konawe Minta Jalannya Diperbaiki

Sumarlin, telisik indonesia
Rabu, 11 Maret 2020
0 dilihat
Warga Konawe Minta Jalannya Diperbaiki
Anggota DPR RI Dapil Sultra, Imran mengunjungi Kecamatan Lalonggasumeeto Kabupaten Konawe. Foto: Sumarlin/Telisik

" Usulannya kami sudah catat dan akan diteruskan ke pihak terkait. "

KENDARI, TELISIK. ID - Warga Kecamatan Sampara meminta, agar pemerintah segera memperbaiki jalan alternatif Pohara Kabupaten Konawe, menuju Bandara Haluoleo di Konawe Selatan sepanjang 13 Km. Saat ini jalan tersebut semakin rusak.

Kerusakan jalan ini disebabkan rusaknya jalur utama, poros Sampara di Desa Rawua sehingga kendaraan besar memilih jalan alternatif Pohara Bandara.

Keluhan itu disampaikan warga saat reses anggota DPR RI Imran, di Kecamatan Sampara Kabupaten Konawe.

Selain perbaikan, warga juga mengusulkan peningkatan status jalan dari jalan kabupaten menjadi jalan provinsi, agar penanganannya lebih maksimal.

“Usulannya kami sudah catat dan akan diteruskan ke pihak terkait,” ungkap Anggota DPR RI Imran, Selasa (10/3/2020).

Baca juga: Tiga Balon Ketua DPD Golkar Dinyatakan Gugur

Politisi Gerindra ini mengatakan, warga dibantaran Sungai Konaweeha di Kecamatan Sampara juga mengeluhkan wilayah mereka yang selalu menjadi langganan banjir setiap tahun. Mereka meminta agar dibuatkan tanggul sekira 1 Km untuk meminimalisir banjir.

Kata mantan Bupati Konsel dua periode ini, aparat desa di Konawe mengeluhkan honor mereka sekira 1 tahun belum dibayarkan. Ada juga pegawai honorer yang menanyakan nasib mereka yang sudah puluhan tahun mengabdi namun belum jelas nasibnya.

Tak hanya di Kecamatan Sampara, dalam kunjungan reses keduanya, Anggota komisi II DPR RI ini juga berkunjung di Kecamatan Lalonggasumeeto dan Soropia Kabupaten Konawe. Warga juga mengeluhkan sejumlah hal, diantaranya penambahan jumlah sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), warga menagih janji PLTU Niitanasa yang masih belum sepenuhnya terrealisasi terhadap warga terkena dampak pencemaran.

Warga lanjut Imran, mengusulkan penurunan status kawasan Tahura Nipa-nipa yang berbatasan dengan kebun warga setempat, agar bisa digunakan untuk melanjutkan hidup masyarakat.

Sejumlah warga juga mengusulkan perbaikan jalan dari Kelurahan Alolama di Kota Kendari, menuju objek wisata Batu Gong dan Toronipa di Konawe yang kondisinya rusak. 

"Mereka juga minta agar fasilitas di Pantai Toronipa bisa ditambah karena turis lokal dan turis asing sering ke objek wisata itu," tambahnya. 

Sumarlin

Baca Juga