Warga Mantobua Gelar Kirab Bendera Merah Putih Sepanjang 78 Meter

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 17 Agustus 2023
0 dilihat
Warga Mantobua Gelar Kirab Bendera Merah Putih Sepanjang 78 Meter
Masyarakat Desa Mantobua melaksanakan kirab bendera merah putih sepanjang 78 meter. Foto: Sunaryo/Telisik

" Masyarakat Desa Mantobua, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, menggelar kirab bendera merah putih sepanjang 78 meter, untuk memeringati hari ulang tahun ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia "

MUNA, TELISIK.ID - Masyarakat Desa Mantobua, Kecamatan Lohia, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, menggelar kirab bendera merah putih sepanjang 78 meter, untuk memeringati hari ulang tahun ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia, Kamis (17/8/2023).

Kirab dilaksanakan sejauh 8 kilometer dengan mengitari seluruh wilayah desa setempat. Kirab tersebut berlangsung meriah dan masyarakat terlihat sangat antusias.

Inisiator Kirab Merah Putih, Muhammad Syukri menerangkan, sebelum menggelar kirab, masyarakat lebih dulu melangsungkan upacara bendera di lapangan sepakbola Desa Mantobua yang dipimpin Sekretaris Desa, La Ode Zamrin, Kamis (17/8/2023).

Adapun pelaksanaan kirab bendera tersebut melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari pelajar, mahasiswa, pemuda hingga masyarakat umum. Pelaksanaan kegiatan ini digelar tepat pada saat peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan.

"Kegiatan ini kolaborasi pemuda yang bekerja sama dengan Pemerintah Desa Mantobua. Kami libatkan mulai dari anak SD, SMP, SMA, mahasiswa sampai dengan masyarakat umum," jelasnya.

Baca Juga: Satu Anggota Paskibraka Muna Tumbang

Syukri menyebutkan, bendera merah putih sengaja dibuat sepanjang 78 meter dan lebar 1 meter untuk menyesuaikan peringatan 78 tahun kemerdekaan Indonesia. Bendera itu dijahit oleh penjahit lokal Mantobua.

"Kami gelar secara swadaya masyarakat dengan dibantu pemerintah desa. Meski demikian, kirab ini diikuti dengan antusias dan meriah," paparnya.

Selain kirab merah putih, Syukri menyebut jika peringatan HUT RI tahun 2023 di Desa Mantobua juga diselenggarakan malam renungan suci oleh kelompok Himpunan Pemuda, Pelajar dan Mahasiswa Mantobua (HiPPMMa). Malam renungan suci digelar dengan menyalakan 78 lilin membentuk angka 78.

Baca Juga: Meriahkan HUT ke-78 RI, 17.000 Meter Bendera Merah Putih Dibentang Ribuan Siswa SMA dan SMK di Kendari-Konawe Selatan

"Kami bersyukur kegiatan ini sukses, meskipun persiapan sangat minim karena baru dimatangkan sehari sebelumnya. Lagipula ini baru pertama kali diselenggarakan. Tahun depan akan dilaksanakan lagi dengan lebih meriah," urainya.

Kepala Desa Mantobua, Serma (Purn) La Nsilapa mengaku mendukung penuh pelaksanaan kirab ini karena mencerminkan rasa nasionalisme masyarakat menyambut hari penting HUT ke-78 RI. Antusiasme masyarakat patut diapresiasi karena dapat memupuk kembali semangat para pahlawan dalam memerjuangkan bangsa dan negara agar terbebas dari penjajajahan.

"Tugas kita hari ini mengisi kemerdekaan dengan pembangunan untuk kemajuan masyarakat, bangsa dan negara," katanya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga