Tanda Tangan Elektronik Sudah Berlaku di Wakatobi

Wiwik Prihastiwi, telisik indonesia
Selasa, 12 September 2023
0 dilihat
Tanda Tangan Elektronik Sudah Berlaku di Wakatobi
Launching dan sosialisasi tanda tangan elektronik di lingkup Pemda Wakatobi. Foto: Wiwik Prihastiwi/Telisik

" Pemerintah Daerah (Pemda) Wakatobi, bekerja sama dengan badan siber dan sandi negara (BSSN) melaunching dan sosialisasi tanda tangan elektronik "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah (Pemda) Wakatobi, bekerja sama dengan badan siber dan sandi negara (BSSN) melaunching dan sosialisasi tanda tangan elektronik, Sabtu (12/9/2023).

Tanda tangan elektronik berfungsi sebagai alat autentikasi dan verifikasi atas keutuhan identitas penanda tangan dan keautentikan informasi elektronik.

Plh Sekretaris Daerah, Nursiddiq menyampaikan, manfaat yang diharapkan dari penerapan tanda tangan elektronik adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan serta aksesibilitas yang lebih mudah bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dari Pemda Wakatobi.

Baca Juga: 67 ASN Ikut Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Kesehatan di Wakatobi

Nursiddiq melanjutkan, tanda tangan elektronik adalah salah satu komitmen Pemda Wakatobi dalam upaya memberikan pelayanan yang efektif kepada masyarakat.

"Dengan diimplementasikannya tanda tangan elektronik pada penyelenggaraan administrasi pemda, diharapkan pelayanan publik pemerintah daerah akan semakin efektif dan efisien," ucapnya.

Nursiddiq mengingatkan, kemajuan sistem informasi dan komunikasi dalam perkembangannya dapat pula membawa ancaman yang sangat berisiko bagi keamanan data. Sehingga pengelolaan sistem informasi pemerintah daerah menjadi hal yang sangat strategis untuk diimplementasikan.

Baca Juga: Pedagang Ikan di Pasar Sentral Wakatobi Mengeluh Rugi 2 Hari, Ini Penyebabnya

"Maka dari itu perangkat daerah di seluruh Wakatobi harus memiliki pemahaman dan kesadaran yang tinggi tentang keamanan informasi," lanjutnya.

Hadir sebagai narasumber, penelaah teknis kebijakan balai sertifikasi elektronik BSSN, Hendra Nurdiansyah menuturkan, manfaat penggunaan tanda tangan elektronik juga yaitu mengurangi bahkan tidak ada lagi tumpukan dokumen di atas meja melainkan cukup membuka file dari laptop dan bisa melakukan tanda tangan elektronik yang hanya memerlukan waktu singkat. Dan seluruh kota dan kabupaten di Sulawesi tenggara telah melakukan kerja sama dengan BSSN.

"Harapan kami ini bisa memaksimalkan keamanan siber di Kabupaten Wakatobi dan penerapan tanda tangan elektronik ini bisa semakin maksimal," ujarnya. (B)

Penulis: Wiwik Prihastiwi

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga