Wisata Batbat Kendari Mulai Tercemar dengan Sampah

Tim Telisik, telisik indonesia
Rabu, 01 November 2023
0 dilihat
Wisata Batbat Kendari Mulai Tercemar dengan Sampah
Wisata Batbat Kota Kendari mulai tercemar sampah karena ulah pengunjungnya. Foto: Andi Mahfud Arifin/Telisik

" Untuk Telisikers yang suka berwisata, ada sebuah wisata di Kota Kendari yang menjadi tempat nongkrong favorit kalangan anak muda, yaitu Batbat. Namun, lokasinya mulai tercemar dengan sampah "

KENDARI, TELISIK.ID - Untuk Telisikers yang suka berwisata, ada sebuah wisata di Kota Kendari yang menjadi tempat nongkrong favorit kalangan anak muda, yaitu Batbat. Namun, lokasinya mulai tercemar dengan sampah.

Lokasi wisata ini berada di Jalan ZA Sugianto, Kecamatan Kambu. Wisata Batbat ini, sebenarnya berada di jalan yang menghubungkan ke area masjid terapung Al-Alam Kota Kendari.

Batbat adalah wisata yang terbentuk dari sebuah tumpukan batu yang dibuat untuk akses jalan menuju Masjid Al-Alam Kendari. Lokasi ini melewati laut yang menjadikannya lokasi favorit dikunjungi waktu sore hari.

Baca Juga: Sudah 9 Jam, Mantan Kadis SDA dan Bina Marga Sulawesi Tenggara Masih Diperiksa Kejati

Wisata ini sendiri dikunjungi rata-rata oleh para anak muda yang datang untuk nongkrong. Mereka datang berwisata di Batbat untuk berfoto sambil bersantai menunggu matahari terbenam, ada juga yang datang untuk berolahraga.

Lokasi tersebut sudah menjadi salah satu tempat favorit, akan tetapi mulai ada sampah-sampah di pinggiran jalan, seperti kantong plastik berserakan di mana-mana yang akan menimbulkan pencemaran lingkungan.

Seorang pedagang gorengan, Toni mengaku, senang mangkal di Batbat karena dagangannya sangat banyak pembeli.

‘’Saya mangkal di sini dari jam 3 sore sampai 6 malam,” ujarnya, Rabu (1/11/2023).

Baca Juga: Dinkes Sulawesi Tenggara Ungkap Imunisasi Dapat Cegah Campak pada Anak

Meski demikian, mulai banyaknya sampah, membuat Toni berharap agar pemerintah bisa menyediakan tempat sampah di pinggir jalan. Ia juga meminta kesadaran para pengunjungnya untuk membuang sampah pada tempatnya.

Meski sudah mulai banyak sampah, namun tak menyurutkan minat masyarakat yang berkunjung ke Batbat, seperti seorang pengunjung, Robi (18) mengatakan, memilih berwisata di lokasi tersebut karena ramai dan pemandangannya indah.

Warga lainnya, Nopi (19), mengaku menyukai Batbat karna berada di pinggiran kota. "Di sini biasanya saya selalu !ersama teman-teman untuk berfoto pada waktu matahari terbenam, karena sangat estetik” jelas mahasiswa tersebut. (A)

Penulis: Andi Mahfud Arifin

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga