Xiaomi Rambah Dunia Otomotif, Bakal Luncurkan Mobil Ini

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 17 Oktober 2023
0 dilihat
Xiaomi Rambah Dunia Otomotif, Bakal Luncurkan Mobil Ini
MS11, kendaraan listrik yang tengah dikembangkan oleh Xiaomi. Xiaomi telah melakukan investasi besar dalam teknologi kendaraan listrik dan telah mendatangkan tim insinyur dan eksekutif yang terampil untuk proyek kendaraan listrik mereka. Foto: Repro Viva.co.id

" Xiaomi belakangan sedang sibuk mengembangkan kendaraan listrik bernama MS11 "

KENDARI, TELISIK.ID - Xiaomi dikenal sebagai merek HP dan teknologi lain seperti laptop, speaker, hingga perabot listrik rumah tangga. Tak puas hati, perusahaan asal Tiongkok ini bakal rambah dunia otomotif.

Dilansir dari Ekspress.disway.id, Xiaomi belakangan sedang sibuk mengembangkan kendaraan listrik bernama MS11. Dan upaya untuk mewujudkannya semakin dekat karena Xiaomi sudah berdiskusi dengan Brilliance Auto, Chery, dan Beijing Automotive Group.

Meskipun belum ada kepastian dengan perusahaan mana Xiaomi akan bermitra dan dengan syarat apa, namun dari sini bisa dilihat bagaimana Xiaomi sangat tertarik untuk memasuki pasar kendaraan listrik.

Untuk diketahui, Xioami sendiri telah melakukan investasi besar dalam teknologi kendaraan listrik dan telah mendatangkan tim insinyur dan eksekutif yang terampil untuk proyek kendaraan listrik mereka.

CEO Xiaomi, Lei Jun, telah berkomitmen untuk menginvestasikan sekitar $10 miliar dalam upaya kendaraan listrik mereka dan bertujuan untuk meluncurkan mobil listrik pertama mereka tahun 2024 mendatang.

Baca Juga: Suzuki Bakal Rilis Mobil Listrik Mungil Berkonsep Kotak, Disebut Penerus Karimun

Dengan kemitraannya dengan produsen mobil kenamaan dapat membantu Xiaomi mempercepat rencana kendaraan listriknya. Xiaomi dapat memanfaatkan keahlian produsen mobil tersebut dalam bidang manufaktur, desain, dan manajemen rantai pasokan. Masih harus dilihat apakah pembicaraan Xiaomi dengan tiga produsen mobil itu akan menghasilkan kemitraan yang konkrit.

Sampai saat ini pihak Xiaomi sendiri belum mengeluarkan pernyataan resmi, jadi kita tunggu saja kabar kelanjutannya.

Dikutip dari Jawapos.com, laporan mengatakan, Xiaomi merekrut insinyur di Tiongkok untuk mengembangkan perluasan jangkauan kendaraan listrik jarak jauh (EREV). Menurut laporan tersebut, model entry-level akan menggunakan platform tegangan 400V dan Baterai BYD Blade, sedangkan model kelas atas akan menggunakan platform tegangan 800V dan Baterai CATL Qilin dengan kapasitas paket baterai 101 kWh.

Di sisi lain, versi jarak jauh diharapkan dilengkapi dengan alat perluasan jangkauan 1,5L atau 1,5T dan baterai besar. Bagi yang belum tahu, EV range extender adalah mesin bensin yang memperluas jangkauan kendaraan listrik baterai dengan menggerakkan generator listrik yang mengisi baterai kendaraan.

Hal ini bisa menjadi pilihan bijak bagi Xiaomi, karena akan memberikan jangkauan mobil yang lebih jauh dan menarik lebih banyak pembeli. Mobil pertama Xiaomi sendiri diharapkan memiliki desain coupe yang populer di kalangan generasi muda.

Baca Juga: Hanya Produksi Motor, Ternyata Ini Alasan Kenapa Yamaha Tak Pernah Jual Mobil

Ini akan menjadi profil yang rendah dan ramping, dengan bagian depan yang lebih panjang dan bagian belakang yang fastback, memberikan tampilan sporty secara keseluruhan.

Seperti juga sudah diberitakan sebelumnya, mobil tersebut baru-baru ini terlihat pada sertifikasi Bluetooth SIG , mengungkapkan bahwa ia akan memiliki chipset Qualcomm Snapdragon 8295, Bluetooth 5.2, fungsionalitas USB Media, dan dukungan Apple CarPlay.

Xiaomi telah membuat kemajuan signifikan dalam bisnis manufaktur mobilnya sejak resmi mengumumkan masuknya ke dalam industri tersebut. Produksi massal diperkirakan akan dimulai pada tahun 2024, dan mobil tersebut kabarnya telah memasuki tahap produksi uji coba, dengan sekitar 50 mobil prototipe diproduksi setiap minggunya. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga