Yakin COVID-19 Virus Menular? Dokter Lois: Anda Masuk Jebakan Setan

M Risman Amin Boti, telisik indonesia
Selasa, 13 Juli 2021
0 dilihat
Yakin COVID-19 Virus Menular? Dokter Lois: Anda Masuk Jebakan Setan
Dokter Lois saat digiring ke Mabes Pori. Foto: Ist

" Pernyataan dr Lois Owien tak percaya COVID-19 menjadi kontroversial. Hal itu diungkapkannya saat menjadi bintang tamu dalam acara talk show yang diunggah di kanal Youtube Hotman Paris Official. "

JAKARTA, TELISIK.ID – Pernyataan dr Lois Owien tak percaya COVID-19 menjadi kontroversial. Hal itu diungkapkannya saat menjadi bintang tamu dalam acara talk show yang diunggah di kanal Youtube Hotman Paris Official, Jumat (9/7/2021) lalu.

Ketika itu Hotman Paris mengajukan pertanyaan tentang pendapat dr Lois soal COVID-19. Selanjutnya, dia dengan lantang menjawab tak percaya sama sekali dengan adanya COVID-19.

“Pertanyaan saya yang pertama, ibu sebagai dokter percaya nggak ada Corona?” tanya Hotman.

Lois menyebut kematian pasien bukan karena COVID-19. Melainkan akibat interaksi antar obat.

“Interaksi antar obat. Pak kalau misalnya buka data di rumah sakit, itu pemberian obatnya lebih dari 6 macam,” jelas dr Lois.

Pernyataan dr Lois menjadi perdebatan dan meluas menjadi kontroversial, hingga ia ditangkap Polda Metro Jaya pada Minggu tanggal 11 Juli 2021. Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Argo Yuwono membenarkan dr Lois ditangkap jajaran Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya.

"Kemarin Minggu diamankan Polda Metro Jaya dan dilimpahkan ke Mabes Polri," kata Argo saat dikonfirmasi wartawan, Senin (12/7/2021) lalu.

Pernyataan kontroversial dr Lois juga diunggah di akun Twitter miliknya.

Baca juga: Warga Buteng Tewas dengan Anak Panah Tertancap di Kepala

Baca juga: Masih di Bawah Umur, Tiga Pelaku Pencabulan Dihukum 5 Tahun Penjara, Satu DPO

“Saya benar! Kematian di RS akibat interaksi antar obat! Kejadian berpuluh-puluh tahun. Cek daftar obat di RS. Hanya karena alat bilang (+) maka semua penyakit saat imun menurun disebut terpapar virus! Meyakini COVID-19 virus menular? Anda masuk jebakan setan!” tulisnya di akun Twitter @LsOwien dikutip Senin (12/7/2021).

“Cuma karena kurang vitamin dan mineral, lansia diperlakukan seperti penjahat? COVID-19 bukan virus dan tidak menular,” tambahnya.

Dokter Lois Owien Dibebaskan

Bareskrim Polri yang menangani kasus dugaan penyebaran hoaks yang menjerat dr Lois Owien karena pernyataannya soal 'tidak percaya Corona'. Setelah dilakukan pemeriksaan mendalam, tidak dilakukan penahanan terhadap dr Lois.

Pernyataan tersebut disampaikan Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Slamet Uliandi. Ada sejumlah hal yang menjadi dasar pertimbangan hingga akhirnya diputuskan tidak dilakukan penahanan terhadap dr Lois.

Pertimbangan itu di antaranya, penyidik berkesimpulan dr Lois tidak akan mengulangi perbuatannya dan tidak akan menghilangkan barang bukti. Seluruh barang bukti sudah dikantongi oleh polisi. Selain itu, dr Lois juga tidak akan melarikan diri.

“Oleh karena itu saya memutuskan untuk tidak menahan yang bersangkutan, hal ini juga sesuai dengan konsep Polri menuju Presisi yang berkeadilan," kata Brigjen Slamet yang akrab disapa Ulin.

Agus menambahkan “(dr Lois ditetapkan sebagai tersangka) tindak pidana menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) dan atau tindak pidana menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat," ujar Komjen Agus melalui pesan singkat, Senin (12/7/2021). (A)

Reporter: Muhammad Risman Amin Boti

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga