Yuk Coba, Ini Contoh Menu Sarapan Sehat untuk Anak

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 07 Februari 2022
0 dilihat
Yuk Coba, Ini Contoh Menu Sarapan Sehat untuk Anak
Ilustrasi anak sedang sarapan di rumah. Foto: Repro Shutterstock

" Sarapan merupakan kegiatan makan dan minum yang dilakukan antara bangun pagi sampai jam 9 untuk memenuhi sebagian kebutuhan gizi harian "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu rutinitas yang baik dilakukan saat pagi hari adalah sarapan. Sarapan sebelum beraktivitas tujuannya adalah sebagai sumber energi.

Mengutip krakataumedika.com, sarapan merupakan kegiatan makan dan minum yang dilakukan antara bangun pagi sampai jam 9 untuk memenuhi sebagian kebutuhan gizi harian (15-30% kebutuhan gizi) dalam rangka mewujudkan hidup sehat, aktif, dan produktif.

Setelah memahami banyaknya manfaat sarapan pagi yang bisa Anda dapatkan, sebaiknya hindari melewatkan pagi tanpa mengonsumsi makanan bergizi.

Percayalah, hari Anda akan lebih baik jika membiasakan diri untuk sarapan di pagi hari. Jika Anda bingung menentukan menu sarapan yang baik dan sesuai dengan kondisi tubuh Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter gizi.

Melansir alodokter.com, menu sarapan sebaiknya diatur sebaik mungkin, sarapan yang sehat mengandung biji-bijian utuh (sereal gandum utuh), protein (selai kacang, daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur rebus), keju atau susu rendah lemak, serta buah-buahan dan sayur-sayuran.

Anda juga bisa mengonsumsi sereal, bubur oatmeal, atau muesli dengan campuran yang sehat, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah.

Baca Juga: Suka Mandi Pagi Pakai Air Dingin? Ini 5 Manfaatnya

Kombinasi karbohidrat kompleks, serat, protein, dan sedikit lemak, bermanfaat bagi kesehatan dan membuat Anda kenyang selama berjam-jam.

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, berikut contoh menu sarapan sehat untuk anak sekolah usia 6-12 tahun:

- Setangkup roti + telur mata sapi + sayuran + susu

- Nasi goreng + telur dadar + sayuran

- Bubur ayam + pisang

- Lontong sayur + telur + buah

Baca Juga: Melonjak, Ini Tips Menghadapi Kasus Omicron

- Nasi uduk + ayam goreng + buah

- Mi goreng + telur + buah. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga