Orang Tua Wajib Tahu, Ini Dampak Anak Sering Main Handphone, Nomor 3 dan 4 Mengerikan

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 17 Februari 2022
0 dilihat
Orang Tua Wajib Tahu, Ini Dampak Anak Sering Main Handphone, Nomor 3 dan 4 Mengerikan
Dampak anak yang sering main handphone. Foto: Repro BUMNInc

" Kebiasaan bermain HP terus-terusan akan berdampak buruk pada kesehatan anak dalam jangka panjang "

KENDARI, TELISIK. ID - Handphone (HP) seringkali dijadikan cara ampuh para orang tua untuk membuat anak mereka tenang sekaligus betah di rumah. 

Sayangnya, jika hal ini terlalu sering dilakukan, justru akan menyebabkan anak kecanduan bermain HP. Kecanduan HP pada anak tidak boleh dianggap enteng.

Kebiasaan bermain HP terus-terusan akan berdampak buruk pada kesehatan anak dalam jangka panjang. Berikut Telisik.id merangkum akibat anak sering lihat HP yang patut di waspadai dilansir dari berbagai sumber.

1. Gangguan pada mata

Melansir Lemonilo.com, anak-anak yang sering main HP akan rentan mengalami gangguan mata. Hal ini terjadi karena anak terlalu lama menatap layar HP sehingga memicu gangguan mata, seperti mata lelah, mata kering dan gangguan penglihatan. Untuk itu perlu untuk mengurangi penggunaan HP pada anak agar kesehatan mata terjaga.

2. Otot jadi lemah

Anak-anak yang sedang berusia di bawah 5 tahun umumnya memiliki antusiasme dan rasa ingin tahu yang besar. Hal ini membuat mereka seharusnya bergerak aktif, berlarian kesana-kemari dan tidak bisa diam.

Baca Juga: Waspada Penyakit di Tengah Pancaroba

Ketika kamu sering membiarkan anak bermain dengan HP, maka ia akan jadi malas untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya dan malah memuaskan rasa ingin tahunya hanya lewat gadget. Hal ini membuat otot-otot anak bisa melemah akibat kurang dilatih karena semua hal bisa diakses lewat HP-nya, maka anak akan merasa tidak perlu ke mana-mana.

3. Masalah mental

Kecanduan HP dapat memicu dampak berbahaya bagi mental anak, seperti meningkatkan risiko depresi, gangguan kecemasan, sulit fokus, kepribadian bipolar, psikosis dan bisa memicu sifat agresif anak. Selain itu, kecanduan HP juga bisa membuat anak kesulitan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan meningkatkan perasaan kesepian.

Baca Juga: Positif COVID-19 Setelah Vaksinasi Dosis Lengkap, Ini Kata Ahli

4. Tumor

Dilansir dari Fimela.com untuk jangka panjang, penelitian menunjukkan kemungkinan peningkatan risiko tumor bagi mereka yang menggunakan ponsel secara berlebihan. Ada sedikit bukti bahwa tumor disebabkan karena radiasi ponsel.

5. Masalah medis

Dengan anak-anak yang terpaku pada ponsel selama waktu luang, anak tidak ikut serta dalam aktivitas fisik dan mendapatkan udara segar. Hal ini membuat anak berisiko mengalami obesitas dan penyakit lainnya, yang nantinya dapat berkembang menjadi penyakit berbahaya seperti diabetes dan hipertensi. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga