Yuk, Rasakan 6 Manfaat Makan Pakai Tangan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 17 Oktober 2022
0 dilihat
Yuk, Rasakan 6 Manfaat Makan Pakai Tangan
Makan dengan pakai tangan tidak hanya menjadi tradisi masyarakat Indonesia, namun juga memiliki banyak manfaat. Foto: Repro shutterstock

" Makan menggunakan tangan seringkali disebut cara makan yang memiliki banyak manfaat yang dapat diperoleh mereka yang melakukannya "

KENDARI, TELISIK.ID - Makan menggunakan tangan seringkali disebut cara makan yang memiliki banyak manfaat yang dapat diperoleh mereka yang melakukannya.

Dikutip dari detik.com, makan langsung menggunakan tangan sudah menjadi bagian dari tradisi di Indonesia. Bahkan ternyata makan menggunakan tangan ini terbukti lebih sehat dibandingkan menggunakan sendok.

Masyarakat di beberapa negara memiliki tradisi makan menggunakan tangan. Termasuk di Indonesia dan India yang mayoritas masyarakatnya makan langsung menggunakan tangan alias tanpa alat makan seperti sendok atau garpu.

Dilansir dari Times of India, makan langsung menggunakan tangan ternyata bukan hanya memberi sensasi nikmat tapi juga punya manfaat untuk kesehatan. Seperti melancarkan sirkulasi darah hingga menjaga kesehatan pencernaan.

Baca Juga: Awas, 9 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Bikin Ginjal Anak Bermasalah

Melansir yoursay.id yang merangkum dari Spoon University dan artikel lainnya, berikut beberapa manfaat makan pakai tangan yang perlu kamu ketahui:

1. Sistem pencernaan jadi lebih baik

Tangan, mulut, dan sistem pencernaan lainnya merupakan sarang bakteri baik yang bertugas menjauhkan kita dari ragam penyakit.

Disadur dari health.grid, terdapat ragam bakteri baik yang dapat membantu sistem pencernaan dalam melawan penyakit dan membantu proses pencernaan jadi lebih sehat.

Makan menggunakan tangan membantu bakteri-bakteri baik tersebut turut masuk ke dalam tubuh dan melindungi sistem pencernaan dari serangan bakteri jahat.

Tetapi, selalu pastikan mencuci tangan menggunakan sabun dan air sebelum makan, pasalnya tak semua bakteri yang bersarang di tangan itu mengandung bakteri yang baik.

2. Menurunkan berat badan

Secara psikologi, makan menggunakan tangan akan membantu menurunkan berat badan, pasalnya, saat mulai menyuap makanan menggunakan tangan, kita bisa jadi lebih memerhatikan makanan yang masuk ke mulut. 

Melakukan hal serupa memungkinkan kita menyantap makanan secara perlahan, sedikit per sedikit, dan teratur, sehingga dapat membantu kita merasa lebih kenyang bahkan dengan jumlah atau porsi yang terbilang lebih sedikit.

3. Mengeratkan persaudaraan

Makan menggunakan tangan nyatanya sudah dijadikan tradisi oleh orang zaman dahulu untuk merekatkan tali persaudaraan dimana setiap ada hajatan, hari raya besar, kenduri, gotong royong, atau pesta rakyat biasanya masyarakat akan berbondong-bondong memasak makanan.

Kemudian makanan yang telah disajikan akan ditaruh di atas permukaan daun pisang untuk disantap bersama-sama, misalnya saja seperti tradisi ngeliwet, bajamba, dan megibung yang hingga saat ini masih terjaga kelestariannya sebagai warisan dan simbol persaudaraan leluhur orang Indonesia.

4. Menghindari makanan yang terlalu panas

Saat sedang tergesa-gesa karena perut merasa keroncong, kita biasa menyuapkan makanan ke dalam mulut menggunakan sendok tanpa mengetahui makanan yang hendak dikonsumsi dalam kondisi masih panas.

Hal ini tandas akan menyebabkan luka pada lidah dan dinding mulut sehingga menyebabkan penderitanya mangalami sariawan, hingga iritasi terhadap di dinding lambung. 

Sementara itu, makan pakai tangan dapat dijadikan tolak ukur untuk mengetahui indikator suhu makanan yang aman dikonsumsi sebelum masuk ke mulut. 

5. Ternyata lebih higienis

Berlawanan dengan anggapan yang dipercaya semua orang, makan menggunakan tangan sebenarnya jauh lebih higienis daripada peralatan makan yang kita gunakan.

Alasannya cukup sederhana, kita kan biasa mencuci tangan beberapa kali dalam sehari. Sementara itu, kita hanya mencuci peralatan makan sekali dalam sehari, tangan kita tentu jauh lebih bersih ketimbang peralatan makan.

6. Cegah diabetes

Dari semua manfaat yang telah disebutkan, ada satu lagi fakta yang mengemukakan bahwa makan menggunakan tangan dapat mencegah diabetes tipe 2.

Baca Juga: Bolehkah Manusia Meminum Air Hujan? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Sebuah studi baru yang dipublikasikan pada jurnal artikel Clinical Nutrition, ahli berpendapat bahwa orang-orang yang mengidap diabetes tipe 2 cenderung cepat dalam menyantap makanan mereka saat menggunakan peralatan makan, dibandingkan dengan orang yang makan menggunakan tangan.

Makan menggunakan sendok serta dibantu dengan garpu menyebabkan seseorang makan lebih cepat, sehingga membuat gula darah jadi tidak seimbang pada tubuh, sehingga berujung pada gejala diabetes tipe 2.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan makan pakai tangan. Meski, terdapat ragam manfaat makan pakai tangan, tentu kita mesti senantiasa membiasakan perilaku mencuci tangan sebelum makan. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga