Makanan yang Baik untuk Bantu Proses Self Healing

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 19 Juli 2023
0 dilihat
Makanan yang Baik untuk Bantu Proses Self Healing
Mengonsumsi oatmeal ternyata bisa meningkatkan hormon serotonin. Foto: Grid.id

" Self healing saat ini jadi cara agar seseorang bisa kembali sembuh dari luka batin atau perasaan stres mengganggu akibat bebagai faktor "

KENDARI, TELISIK.ID - Self healing saat ini jadi cara agar seseorang bisa kembali sembuh dari luka batin atau perasaan stres mengganggu akibat bebagai faktor. 

Self healing yang baik juga harus dipersiapkan matang dan dilakukakn dengan serius. Salah satunya juga dengan memperhatikan apa yang kita konsumsi selama proses self healing. 

Makanan berperan penting untuk kesehatan tubuh enggak cuma dari segi gizi, tapi juga berbagai senyawa yang membantu tingkatkan suasana hati. 

Dikutip dari Grid.id, berikut makanan yang baik untuk bantu self healing:

1. Buah berry

Ada beragam jenis buah berry, yang paling umum kita jumpai seperti strawberry, blueberry, blackberry hingga raspberry. Buah berry ternyata cocok untuk dikonsumsi saat self healing.

Baca Juga: Konsumsi Buah Ini Dapat Tingkatkan Gairah Seks

Lantaran buah berry kaya akan antioksidan sehingga bermanfaat untuk jantung. Kandungan antosianin pada berry juga bisa menajamkan sisi kognitif otak manusia. 

2. Kurangi makanan olahan

Berbagai makanan olahan yang kita konsumsi dapat memicu reaksi adiktif dan merangsang pusat domamin di otak sebagai kesenangan dan penghargaan.

Kebiasaan ini dapat berdampak pada ketagihan untuk terus mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Maka dari itu, kita perlu menguranginya secara perlahan untuk bisa menghindari kecanduan akan makanan olahan dengan memperbanyak konsumsi berbagai makanan utuh dan segar.

3. Alpukat

Buah alpukat sudah sejak lama dikenal punya kebaikan untuk tubuh dan jadi favorit banyak orang karena rasanya yang enak.

Melansir dari Hellosehat.com, ada kandungan bernama glutathione dalam alpukat yang sangat baik untuk memblokir penyerapan lemak tertentu di dalam usus. Efeknya bisa mencegah kerusakan oksidatif pada usus.

Baca Juga: Manfaat Telur Rebus dan Waktu Merebus Terbaik

4. Mengurangi gula

Kelebihan gula dalam jangka panjang di dalam tubuh bisa meningkatkan risiko peradangan baik di tubuh maupun otak. Kondisi itu dapat berdampak pada gangguan suasana hati, kecemasan hingga depresi yang menyulitkan kita untuk self healing.

5. Oatmeal

Mulai sekarang sebaiknya kita stok oatmeal saat akan self healing, karena konsumsi oatmeal ternyata bisa meningkatkan hormon serotonin. Serotonin berfungsi untuk mengatur mood yang baik dan menjadikan kita lebih rileks.

Selain itu Vitamin B dan magnesium dalam oatmeal membentuk semangat dan menurunkan stres yang berdampak pada suasana hati makin baik. Kita bisa kreasikan rolled oat dengan berbagai topping seperti buah-buahan, selai atau dibuat bubur asin. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga