3 Cara Jitu Agar Lebih Tegas pada Diri Sendiri

Fitrah Nugraha

Reporter

Kamis, 26 Januari 2023  /  1:37 pm

Sikap tegas terhadap diri sendiri penting untuk dimiliki karena akan membentuk karakter dasarmu menjadi lebih kuat. Foto: Repro google.com

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu faktor yang menentukan kesuksesan seseorang adalah punya ketegasan terhadap diri sendiri. Untuk bisa tegas tidak terjadi begitu saja, tapi harus diusahakan.

Pada umumnya, dikutip dari Idntimes.id, ketegasan terhadap diri sendiri merupakan sebuah sikap pribadi yang dapat menempatkan diri dalam posisi seimbang, kapan harus pasif dan kapan harus agresif.

Sikap tegas ini penting untuk dimiliki karena akan membentuk karakter dasarmu menjadi lebih kuat.

Untuk bisa tegas terhadap diri sendiri tidak terjadi begitu saja, tapi harus diusahakan.

Melansir yoursay.id, berikut beberapa tips agar bisa lebih tegas pada diri sendiri:

1. Jangan sungkan mengatakan tidak

Tips penting yang harus kamu terapkan yakni jangan sungkan berkata tidak. Kalau memang kamu masih punya kesibukan katakan yang sebenarnya.

Baca Juga: 8 Tips Ampuh Mencegah Bahaya Angin Malam

Menolak mereka bukan berarti tidak menghargai. Hanya saja kamu tidak bisa terus-menerus mengorbankan diri sendiri untuk orang lain.

2. Jangan pernah ragu

Caranya agar menjadi sosok yang memiliki ketegasan diri salah satunya dengan menghilangkan keraguan.

Jadilah manusia yang selalu yakin dengan prinsip yang saat ini kamu jalani. Jangan pernah ragu apalagi minder karena harus memegang prinsip tersebut.

Orang yang memiliki ketegasan diri bisa menjalani hidup dengan lebih baik. Kamu tidak mudah terombang-ambing, apalagi terjerumus pengaruh buruk.

Kamu juga bisa membawa diri dengan baik di lingkungan pergaulan tanpa dimanfaatkan orang lain.

3. Pegang teguh prinsip

Sedari kecil mungkin kamu sudah ditanamkan tentang pentingnya prinsip. Tapi seiring beranjak dewasa, prinsip itu kerap goyah. Apalagi saat kamu memasuki lingkungan dengan pergaulan baru. Kadang timbul  keinginan ikut arus pergaulan yang ada.

Baca Juga: 3 Tips Jitu Atasi Stres Menurut Psikologi

Padahal ketegasan diri sangat diperlukan agar tidak mudah terombang-ambing. Salah satunya lagi dengan memegang teguh prinsip.

Selalu berjalan pada pendirian yang sudah ditanamkan sejak kecil. Jangan pernah mengorbankan pendirian untuk budaya yang justru menjerumuskan.

Nah, itulah beberapa tips jitu yang bisa kamu lakukan agar bisa jadi lebih tegas terhadap diri sendiri. Selamat mencoba. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS