Negara Muslim Ini Ternyata Punya Ibu Kota Tertua di Dunia

Fitrah Nugraha

Reporter

Senin, 03 Januari 2022  /  8:36 am

Amman, ibu kota Yordania. Foto: Repro google.com

AMMAN, TELISIK.ID - Yordania dikenal sebagai salah satu negara yang penduduknya mayoritas Muslim di Timur Tengah. Bahkan memiliki ibu kota tertua di dunia, yaitu Amman.

Mengutip wikipedia.org, Yordania yang memiliki nama resmi Kerajaan Hasyimiyah Yordania, Al-Mamlaka al-Urduniyya al-Hashemiyya adalah sebuah kerajaan di Tepi Barat Sungai Yordan.

Negara ini berbatasan dengan Arab Saudi di timur dan tenggara, Irak di timur-laut, Suriah di utara, dan Israel di barat, berbagi kekuasaan atas Laut Mati. Yordania juga dikenal sebagai jantung peradaban kuno pada zaman dulu.

Dilansir dari berbagai sumber, bahasa Arab menjadi pemersatu komunikasi masyarakat Yordania, namun banyak yang sudah lancar bahasa Inggris di sana.

Melansir detik.com, ibu kota Yordania yakni Amman adalah kota yang menarik. Bagaimana tidak, kota satu ini masuk dalam daftar kota-kota tua dunia. Namun hanya Amman kota tua yang jadi ibu kota sebuah negara.

Dikenal sebagai peradaban kuno, arsitektur kota Amman khas dengan nuansa Timur Tengah. Bahan bangunan yang digunakan adalah limestone dengan bentuk atap kotak-kotak.

Wilayah Amman mulai dibangun sejak era 7250 sebelum masehi. Ketika zaman kekuasaan Ammonites, Amman dikenal sebagai Rabbat-Ammon. Lalu ketika dikuasai oleh Graeco-Romawi dikenal dengan nama Philadelphia.

Terdiri dari 19 bukit, wilayah Amman terbentang sepanjang 1.680 km persegi. Karena peninggalan sejarahnya, Amman menawarkan banyak destinasi wisata. Mulai dari kawasan Amman Citadel, di mana terdapat Kuil Hercules, teater Roma, sampai Gereja Bizantium abad ke-6, sampai sisa-sisa bangunan masjid dan ruang tunggu para khalifah.

Baca Juga: 100 Persen Warga di Negara Ini Beragama Muslim Tapi Terancam Hilang dari Bumi

Selain itu, yang menarik juga dari kota Amman adalah ada terdapat Masjid Al Hussein, masjid bergaya Ottoman yang dibangun kembali pada tahun 1924 oleh raja Abdullah bin Al-Husseini.

Masjid Al Hussein dulunya adalah bekas tapak sebuah masjid tua yang dibangun pada tahun 640 Masehi oleh Khalifah Umar bin Khattab.

Tidak hanya itu, sahabat nabi yang terkenal dengan kemampuan adzannya yang mempesona, Bilal bin Rabah, dimakamkan di wilayah Amman.

Bahkan ada juga gua yang diyakini oleh masyarakat Yordania sebagai gua tujuh orang tertidur sebagaimana diceritakan dalam Al-Qur’an surat Al Kahfi. Di gua tersebut juga terdapat sisa-sisa Romawi dan Bizantium.

Amman cukup padat karena populasi di kota ini mencapai setengah dari jumlah populasi total Yordania. Kendati demikian, kota ini masuk dalam daftar yang teraman di dunia.

Baca Juga: Deretan Negara Paling Kasihan di Dunia, Nomor 4 Warganya Jarang Mandi Tak Ada Air

Dengan begitu, Amman pun menjadi lokasi perundingan negara-negara yang terlibat konflik. Meski ibu kota tertua dunia, namun Amman kini sudah modern. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali