10 Kebiasaan Sehari-hari Ini Dapat Memicu Radang Tenggorokan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 20 April 2024
0 dilihat
10 Kebiasaan Sehari-hari Ini Dapat Memicu Radang Tenggorokan
Salah satu tanda radang tenggorokan adalah rasa sakit saat menelan. Foto: Repro Freepik

" Penyebab radang tenggorokan bervariasi, namun yang paling umum adalah selain infeksi virus dan bakteri, terutama juga pada individu dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah "

KENDARI, TELISIK.ID - Radang tenggorokan merupakan masalah umum yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat Anda merasa tidak nyaman. Kondisi ini ternyata disebabkan karena adanya kebiasaan yang seringkali dilakukan sehari-hari.

Pada umumnya dikutip dari halodoc.com, sakit tenggorokan atau radang tenggorokan seringkali menyebabkan rasa sakit dan gatal di tenggorokan, terutama saat menelan.

Radang tenggorokan umumnya disebabkan oleh infeksi virus, seperti flu atau pilek. Seseorang yang mengalami sakit tenggorokan karena infeksi virus biasanya akan pulih dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan khusus.

Namun, ada juga radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri yang memerlukan pengobatan dengan antibiotik untuk mencegah kemungkinan komplikasi yang lebih serius.

Radang tenggorokan, dikutip dari kemkes.go.id, sering ditandai dengan penebalan atau pembengkakan pada dinding tenggorokan, disertai kemerahan dan munculnya bintik putih. Gejala ini biasanya disertai nyeri saat menelan makanan atau minuman.

Penyebab radang tenggorokan bervariasi, namun yang paling umum adalah selain infeksi virus dan bakteri, terutama juga pada individu dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Baca Juga: 8 Minuman Ini Bisa Menjadi Peluntur Lemak Pasca Lebaran

Kondisi ini juga dapat disebabkan oleh beberapa kebiasaan sehari-hari yang mungkin tidak Anda sadari dapat menyebabkan radang tenggorokan. Berikut adalah beberapa kebiasaan yang perlu diwaspadai:

1. Merokok

Merokok adalah penyebab utama radang tenggorokan. Paparan asap rokok dapat mengiritasi dan merusak jaringan tenggorokan, meningkatkan risiko infeksi, dan menyebabkan peradangan.

2. Minum Alkohol Berlebihan

Konsumsi alkohol berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi dan mengiritasi tenggorokan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan radang.

3. Mengonsumsi Makanan Pedas

Makanan pedas dapat mengiritasi jaringan tenggorokan dan menyebabkan peradangan.

4. Pergesekan Tenggorokan

Terlalu sering membersihkan tenggorokan atau batuk dengan keras dapat mengiritasi jaringan tenggorokan dan menyebabkan radang.

5. Bernapas Melalui Mulut

Bernapas melalui mulut secara terus-menerus dapat mengeringkan dan mengiritasi tenggorokan, meningkatkan risiko radang.

6. Kurang Minum Air

Kurang minum air dapat menyebabkan dehidrasi dan mengeringkan lendir di tenggorokan, yang dapat meningkatkan risiko radang.

7. Berbicara Terlalu Keras atau Terlalu Lama

Berbicara terlalu keras atau terlalu lama dapat menyebabkan ketegangan pada otot-otot tenggorokan dan menyebabkan peradangan.

Baca Juga: 7 Cara Alami Hilangkan Mata Panda dengan Cepat

8. Menghirup Udara Kering

Udara kering dapat mengeringkan lendir di tenggorokan, meningkatkan risiko radang. Ini dapat terjadi terutama di musim dingin atau di daerah dengan udara kering.

9. Paparan Polusi Udara

Paparan polusi udara, termasuk asap kendaraan bermotor atau asap industri, dapat mengiritasi tenggorokan dan menyebabkan radang.

10. Menggunakan Suara yang Salah saat Bernyanyi atau Bicara

Penggunaan suara yang salah atau overused saat bernyanyi atau bicara dapat menyebabkan ketegangan pada otot-otot tenggorokan dan menyebabkan peradangan.

Mengetahui kebiasaan-kebiasaan ini dapat membantu Anda mengurangi risiko radang tenggorokan. Jika Anda mengalami radang tenggorokan yang kronis atau berulang, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Selain itu, upaya pencegahan seperti menjaga kelembaban udara di rumah, menghindari merokok, dan mengonsumsi makanan yang sehat juga dapat membantu menjaga kesehatan tenggorokan Anda. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga