adplus-dvertising

Pahami Beberapa Ciri-Ciri Busi Motor Rusak Ini Agar Tidak Semakin Parah

Sasmiraza, telisik indonesia
Sabtu, 25 Desember 2021
705 dilihat
Pahami Beberapa Ciri-Ciri Busi Motor Rusak Ini Agar Tidak Semakin Parah
Perbedaan busi masih bagus (kiri) dan busi yang sudah rusak. Foto: Ist.

" Peran yang dimiliki oleh busi pada motor tidak dapat direalisasikan dengan baik jika ternyata ada yang rusak "

BUSI pada motor memang berperan penting untuk memastikan bahwa kendaraan tersebut bisa dipakai dalam jangka yang panjang sesuai dengan kebutuhan.

Sementara itu, masih banyak para pemilik dan pengguna motor yang ternyata tidak memahami ciri-ciri busi motor rusak.

Secara garis besar, peran yang dimiliki oleh busi pada motor tidak dapat direalisasikan dengan baik jika ternyata ada yang rusak. Untuk menghindari kerusakan yang lebih parah dan termasuk dalam upaya yang bersifat preventif, sebaiknya ketahui apa saja ciri-cirinya berikut ini dikutip laman https://blog.oscas.co.id/:


1. Mesin Susah Dinyalakan

Setiap pemilik dan pengguna kendaraan motor secara rutin tentu saja sudah mulai menyalakan mesin motor setiap pagi sebelum nantinya dipakai. Namun terkadang, motor yang ingin digunakan ternyata mengalami kendala ketika dinyalakan dan memerlukan waktu yang lebih lama dari biasanya.

Jika ternyata kendaraan motor yang dimiliki masing-masing memiliki permasalahan seperti tersebut, maka berarti tandanya ada kerusakan yang sedang terjadi pada busi. Sebaiknya setiap pengguna nantinya segera melakukan proses pemeriksaan yang hati-hati pada busi motor secara langsung.

2. Performa Kurang Responsif

Sementara itu, ada juga aspek yang bisa menjadi ciri-ciri busi motor rusak yang lainnya yang jangan sampai dilewatkan penggunanya. Hal ini dikarenakan ada ciri-ciri yang berkaitan erat dengan tarikan pada mesin motor yang ternyata memberikan hasil yang tidak sesuai.

Baca Juga: Hubungan Seks dalam Air Tidak Bikin Hamil, Sperma Langsung Mati

Setiap pengguna yang menemukan kondisi yang seperti itu di motor yang akan dipakai, maka segera matikan mesin motor terlebih dahulu. Setelah itu, silakan lakukan pemeriksaan pada busi motor sehingga bisa ditangani dengan lebih cepat dan menghindari kerusakan yang parah.

3. Tiba-Tiba Mesin Berhenti

Jenis kondisi yang berikutnya ini  juga menunjukkan ciri-ciri busi motor rusak yang parah. Terkadang beberapa pengguna memang menganggap bahwa mesin motor yang mengalami kematian secara tiba-tiba itu dianggap sebagai hal yang wajar terjadi.

Sebenarnya ketika mesin motor yang tiba-tiba berhenti digunakan itu menunjukkan adanya kondisi busi pada motor dengan performa yang semakin menurun. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, maka busi tersebut bisa mengalami kerusakan yang semakin parah dan merugikan pengguna.

4. Terdapat Gejala Surging

Untuk ciri-ciri yang keempat ini secara sederhana berkaitan erat dengan jumlah udara yang ada pada busi dan daerah di sekitarnya. Terkadang terjadi sebuah gejala yang dikenal dengan nama surging yang menunjukkan kadar udara yang lebih besar daripada yang seharusnya ada.

Jika ternyata jumlah udara pada ruang tersebut lebih banyak, maka akan berpengaruh pada kinerja mesin dan proses pembakaran. Selain itu, komponen busi pada motor tersebut juga lambat laun menjadi lebih kotor dan tidak bisa dimanfaatkan untuk jangka panjang.

Bahkan jenis gejala ini masih sering tidak disadari oleh para pengguna motor sehingga busi menjadi perlu diperhatikan. Selain itu, nantinya jika dibiarkan begitu saja, maka bisa kerusakan cepat menjalar ke bagian lainnya.

5. Adanya Mesin yang Pincang

Sementara itu, untuk  ciri-ciri busi motor rusak yang selanjutnya ini berkaitan erat dengan praktik penggunaan motor masing-masing secara rutin. Beberapa motor mungkin memiliki lebih dari satu silinder yang nantinya tidak dapat digunakan secara penuh karena busi yang rusak.

Baca Juga: Ini Faktor Korban Kekerasan Seksual Tak Mau Angkat Bicara

Nantinya dalam waktu yang lebih lama, setiap pemilik motor akan menemukan bahwa mesin dari motor mengalami pincang ketika coba dinyalakan. Selain itu, suara mesin yang dihasilkan oleh motor yang mengalami kerusakan pada busi biasanya tersebut tidak akan terdengar dengan halus.

6. Bahan Bakar Cepat Habis

Ciri yang terakhir ini mungkin seringkali dilewatkan untuk diperhatikan oleh para pengguna yang bisa mengantarkan pada kerusakan yang lebih parah. Sebaiknya setiap pemilik dan pengguna motor memeriksa secara rutin seperti apa kondisi dan jumlah bahan bakar yang sedang dipakai.

Ketika menemukan kondisi bahan bakar yang biasanya dipakai malah mudah habis tidak sesuai dengan waktunya, maka tandanya busi sedang rusak. Setelah itu, sebaiknya segera periksa kondisi dari busi dan lakukan perbaikan agar bisa menghemat biaya pengeluaran.

Untuk menghindari beberapa hal yang tidak diinginkan dan kerusakan yang semakin parah, sebaiknya ketahui dahulu ciri-ciri busi motor rusak. Setiap orang bisa mengetahui dan memahami beberapa jenis karakteristik di atas sehingga nantinya bisa mempermudah dalam proses perbaikan. (Adv)

Artikel Terkait
Baca Juga