1.563 Formasi Calon PPPK Kemenkumham Mulai Diperebutkan

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 22 November 2023
0 dilihat
1.563 Formasi Calon PPPK Kemenkumham Mulai Diperebutkan
Dengan total formasi 1.563, sebanyak 2.648 calon PPPK yang lolos seleksi administrasi pada Oktober lalu. Foto: Ist.

" Tahun 2023 mulai pembukaan lowongan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), dengan total 1.563 formasi. Dari 2.648 calon PPPK yang lolos seleksi administrasi pada Oktober "

KENDARI, TELISIK.ID - Tahun 2023 mulai pembukaan lowongan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), dengan total 1.563 formasi. Dari 2.648 calon PPPK yang lolos seleksi administrasi pada Oktober.

Kini mereka memasuki tahap kedua, Seleksi Kompetensi di Auditorium Kampus Poltekip-Poltekim Kemenkumham, Tangerang, pada Selasa (21/11/2023). Kepala Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kemenkumham, Supartono, memberikan apresiasi pada tim BKN, tim pengawas dari Inspektorat Jenderal, dan pihak kepolisian yang mendukung pelaksanaan seleksi kompetensi.

Supartono menekankan pentingnya SDM berkualitas sejak awal proses seleksi, percaya bahwa melalui tahapan ini, SDM yang unggul akan terpilih.

Baca Juga: Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Edukasi Pengguna Jasa Notaris Cegah Terorisme dan Pencucian Uang

"Terima kasih kepada para pihak yang membantu dalam pelaksanaan seleksi ini, karena melalui tahapan seleksi inilah akan tersaring SDM yang unggul dan berkualitas," ujarnya dalam keterangan tertulis.

Supartono menambahkan, Kemenkumham sebagai bagian pemerintahan harus mampu menyediakan SDM yang handal, profesional, dan berakhlak. Untuk mencapai hal tersebut, keseriusan dalam menyiapkan dan mengelola SDM dari rekrutmen hingga retirement menjadi kunci. Pada para calon PPPK, Supartono memberikan semangat agar tetap optimis dan berjuang menuju kesuksesan.

"Saya yakin dan percaya bahwa pencapaian saudara adalah cerminan dari kesungguhan dan kerja keras saudara sendiri. Yakin pada diri sendiri bukan pada orang lain apalagi calo karena masuk jadi CASN Kemenkumham itu gratis, tanpa mahar apapun," tutupnya.

Menurut surat nomor SEK-KP.02.01-721 tentang Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Calon PPPK Kemenkumham Tahun Anggaran 2023, materi seleksi kompetensi mencakup kompetensi teknis, manajerial, sosial kultural, dan wawancara. Sejak dibukanya pendaftaran, 4.364 pelamar bersaing untuk mengisi 1.563 formasi PPPK.

Baca Juga: Direktur Pembinaan dan Latihan Kerja Produksi Kemenkumham RI Awasi Tes CPNS di Sulawesi Tenggara

Terpisah, Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Komjen Pol (P) Andap Budhi Revianto, menekankan integritas dalam proses seleksi. Ia mengimbau untuk melaporkan tindakan pungli atau penyalahgunaan kekuasaan. Formasi CPNS terdiri dari penjaga tahanan dan dosen dengan 1.000 kuota untuk penjaga tahanan dan 15 kuota untuk jabatan dosen.

Penjaga tahanan akan mendapatkan 1.000 kuota dengan rincian beragam, termasuk formasi pria umum, wanita umum, dan formasi khusus untuk Papua dan Papua Barat. Jabatan dosen, sebanyak 15 kuota, membuka peluang bagi berbagai bidang keilmuan.

"Kemenkumham membutuhkan total 1.000 penjaga tahanan dengan pendidikan minimal SLTA sederajat, yang akan ditempatkan di 33 Kantor Wilayah Kemenkumham. Kemudian total 15 dosen dari berbagai bidang keilmuan yang akan ditempatkan di unit pusat," jelas Andap beberapa waktu lalu. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga