1.900 Personel Polda Nusa Tenggara Timur Siap Amankan Nataru, Miras Dilarang Keras

Berto Davids, telisik indonesia
Sabtu, 24 Desember 2022
0 dilihat
1.900 Personel Polda Nusa Tenggara Timur Siap Amankan Nataru, Miras Dilarang Keras
Polda NTT siap terjunkan 1.900 personel untuk mengamankan perayaan Nataru. Foto: Ist.

" Pengamanan itu tidak hanya menyangkut pengamanan fisik saja di gereja, tetapi juga masalah ketertiban dan kelancaran mobilitas masyarakat dalam merayakan Natal dan tahun baru "

KUPANG, TELISIK.ID - Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) menyiapkan 1.900 orang personel Polri untuk mengamankan perayaan Natal dan tahun baru (nataru).

"Khusus dari unsur Polri sebanyak 1.900 personel," ujar Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Johni Asadoma, M.Hum, Sabtu (24/12/2022).

Menurutnya, pengamanan itu tidak hanya menyangkut pengamanan fisik saja di gereja, tetapi juga masalah ketertiban dan kelancaran mobilitas masyarakat dalam merayakan Natal dan tahun baru dan juga mengantisipasi terjadinya bencana.

Dikatakannya, untuk kelancaran dan keamanan, maka Polda NTT telah menempatkan personel di beberapa pos baik itu pos pelayanan, pos pengamanan dan pos terpadu di terminal, pelabuhan, bandara maupun di tempat-tempat publik.

"Kita mempunyai beberapa pos, ada pos pelayanan, ada pos pengamanan, ada pos terpadu. Nah ini kita akan tempatkan pada terminal-terminal, kita tempatkan pada pelabuhan, airport dan juga di ruang-ruang publik dimana masyarakat ramai beraktivitas," kata Kapolda NTT.

Baca Juga: Kado Natal, PLN Tambah Sambungan Listrik untuk 15 Desa di Nusa Tenggara Timur

Ia juga mengingatkan bahwa Natal dan tahun baru bukan hanya kegiatan keagamaan tetapi menjadi tradisi dan budaya.

Aparat keamanan bertanggung jawab dan pengamanan hari raya menjadi bagian panggilan tugas.

Sebagai budaya, dalam perayaan Natal dan tahun baru ada kegiatan masyarakat.

Ia mengingatkan jika kegiatan masyarakat tidak dikelola dengan baik maka akan menjadi gangguan.

Lebih penting ia menegaskan bahwa perayaan Natal harus bebas dari petasan dan konsumsi minuman keras karena Natal adalah sukacita.

Dalam melakukan pengamanan, polisi diminta bertindak humanis tapi tegas lebih khusus yang mengkonsumsi miras.

Baca Juga: 30 Desember 119 Kades Terpilih di Muna Dilantik

Sementara itu di Manggarai sendiri Kapolres AKBP Yoce Marten menjelaskan, pihaknya akan melakukan pengecekan akhir kesiapan personel maupun  sarana prasarana.

Dengan demikian, pengamanan diharapkan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi sehingga perayaan Natal 2022 serta Tahun Baru 2023 (nataru) mampu berjalan dengan kondusif.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa laju pertumbuhan COVID-19 di Indonesia sudah terkendali sehingga pemerintah memberikan pelonggaran berbagai aktivitas masyarakat termasuk nataru dengan menetapkan seluruh wilayah berada pada PPKM Level 1,” kata Yoce Marten. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga