2 Peluru Siap Ditembakkan ke Gibran saat Debat, Cak Imin Diminta Tidak Usah Terlalu Sopan ke Anak Juragan

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 20 Januari 2024
0 dilihat
2 Peluru Siap Ditembakkan ke Gibran saat Debat, Cak Imin Diminta Tidak Usah Terlalu Sopan ke Anak Juragan
Cawapres Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD saat debat. Foto: CNBCIndonesia.com

" Jelang debat kedua cawapres yang akan digelar Minggu (21/1/2024) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat Tim Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar telah menyiapkan peluru untuk ditembakkan ke Gibran Rakabuming saat debat nanti "

JAKARTA, TELISIK.ID - Jelang debat kedua cawapres yang akan digelar Minggu (21/1/2024) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat Tim Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar telah menyiapkan peluru untuk ditembakkan ke Gibran Rakabuming saat debat nanti.

Menurut kubu Anies-Muhaimin (AMIN), rupanya dua peluru untuk menyerang Gibran Rakabuming di debat cawapres ke 4 adalah soal pelanggaran etika majunya Gibran ke Pilpres 2024.

Senjata lainnya yakni program Food Estate yang dinilai gagal oleh kubu AMIN. Kubu Anies-Cak Imin tetap memandang pelanggaran etik perilaku hakim yang memuluskan pencalonan wakil presiden nomor urut 2 itu mencederai demokrasi.

Juru bicara Tim Nasional Anies-Muhaimin, Billy David mengatakan, pencalonan Gibran sebagai cawapres harus terus dipersoalkan karena terkait dengan adanya pelanggaran etik hakim Mahkamah Konstitusi (MK).

Baca Juga: Debat Keempat Pilpres 2024 KPU Batasi Pengawal Capres-Cawapres, TKN Pastikan Gibran Bikin Kejutan Baru

Hal itu (persoalan etik) menjadi pesan utama dalam debat sejak pertama sampai debat terakhir akan kami suarakan.

"Karena itu awal mula dari segala proses yang tidak benar," kata Billy, dilansir dari Tribunkaltim.com.

Billy mengatakan, pencalonan anak sulung Presiden Jokowi itu telah mengangkangi demokrasi dan konstitusi. Sebab itulah, kata Billy, persoalan terkait etika calon pemimpin masa depan ini akan terus disuarakan.

"Di debat yang akan kita kaitkan dengan pertanyaan-pertanyaan, ingat debat ketiga kemarin Pak Anies mengaitkan sebagai Menhan untuk melihat itu, debat keempat juga akan dikaitkan sama itu," tandasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawai berharap performa Cak Imin semakin baik dalam debat nanti.

Baca Juga: Sosok Gibran Rakabuming Raka, Cawapres Milenial yang Penuh Kontroversi

Baginya, dalam debat cawapres yang berlangsung 22 Desember 2023, Muhaimin tampil terlalu hati-hati sehingga performa yang ditunjukkan tidak maksimal.

"Ya mudah-mudahan performa kedua Cak Imin lebih lepas. Tidak nahan-nahan apa yang harusnya diomongkan. Enggak usah terlalu sopanlah sama anak juragan,” ujarnya, dilansir dari Kompas.com.

Ia mengatakan, performa debat saat ini menjadi penting untuk ikut memengaruhi konstituen, terutama undecided voters yang belum menentukan pilihan.

“Undecided voters itu kan salah satu isinya orang-orang yang masih ragu dari kelompok berpendidikan dan anak muda yang masih welcome terhadap politik. Maka ke depan, masih ada dua debat ini, artinya harus diperbaiki, karena bisa menjadi bagian berpengaruh pada undecided voters,” papar dia. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga