2022, Muna Bakal Punya Pelabuhan Pelni dan Kontainer

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 02 November 2020
0 dilihat
2022, Muna Bakal Punya Pelabuhan Pelni dan Kontainer
Wakil Ketua Komisi V DPR-RI, Ridwan Bae (topi putih). Foto: Sunaryo/Telisik

" Pelabuhan Nusantara yang ada saat ini, nantinya menjadi bersih. Jadi tinggal dijadikan pelabuhan penumpang saja. "

MUNA, TELISIK.ID - Wakil Ketua Komisi V DPR-RI, Ridwan Bae memastikan lokasi pembangunan pelabuhan Pelni dan kontainer di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Untuk lokasinya, pembangunan pelabuhan Pelni di Walengkabola, Desa Oempu, Kecamatan Tongkuno. Sementara, pelabuhan kontainer di Kecamatan Lasalepa.

Ridwan berharap dengan pembangunan pelabuhan itu dapat memunculkan embrio pertumbuhan ekonomi baru. Karena, secara otomatis, bila pelabuhan Pelni dan kontainer dibangun akan terjadi pergerakan pertumbuhan kota dan pertumbuhan ekonomi baru.

"Pelabuhan Nusantara yang ada saat ini, nantinya menjadi bersih. Jadi tinggal dijadikan pelabuhan penumpang saja," kata Ridwan.

Baca juga: Demo Massa Protes Pembangunan Gedung Baru DPRD Konawe

Selain itu, Ridwan tak menafikan bahwa membangun pelabuhan tidak mudah seperti membalikan telapak tangan, sebab banyak hal tehnis yang harus dipersiapkan.

Karena itu, tambah dia, dibutuhkan peran Pemkab Muna untuk bersinergi dalam hal menyiapkan analisis dampak lingkungan (Amdal) dan studi kelayakan atau feasibility study.

"Insya Allah 2022 bisa terealisasi. Saya sudah minta Dishub dan Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) secepatnya melengkapi dokumen itu," tukasnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga