Perayaan HUT Muna Barat ke-8 Bernuansa Romantisme Historical

Putri Wulandari, telisik indonesia
Sabtu, 23 Juli 2022
0 dilihat
Perayaan HUT Muna Barat ke-8 Bernuansa Romantisme Historical
Perayaan HUT Muna Barat ke-8 berlangsung hikmat dan bernuansa romantisme historical. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Muna Barat ke-8 pada 23 Juli 2022 dengan bernuansa romantisme historical "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Muna Barat ke-8 pada 23 Juli 2022 dengan bernuansa romantisme historical.

Hal ini ditandai dengan hadirnya para tokoh-tokoh pejuang pemekaran Muna Barat, hadir pula mantan bupati dan mantan Pj Bupati Muna Barat, Achmad Lamani dan Roni Yacob La Ute, juga turut hadir mantan Bupati Muna dan mantan wakil Bupati Muna, Ridwan Bae dan La Bunga Baka.

Selain itu ada staf ahli Kemendagri, La Ode Ahmad Bolombo, seluruh Forkopimda, ketua dan anggota DPRD, ketua KPU dan Bawaslu Muna Barat, Sekda Muna Barat, pimpinan OPD, camat, dan Kades beserta para tokoh adat dan tokoh masyarakat.

Yang menarik dalam upacara kali ini dilaksanakan pembacaan selayang pandang sejarah terbentuknya Kabupaten Muna Barat, dari siklus perjuangan (2006-2014) - siklus pemerintahan (2014 sampai saat ini).

Sejalan dengan itu Pj Bupati Muna Barat, Bahri menyampaikan bahwa semangat dan perjuangan pada saat pemekaran menjadi suatu renungan di tengah zaman yang makin moderen, serta ia harapkan agar semangat ini yang tetap harus dijaga dalam pembangunan Muna Barat.

Ia menyadari selama 8 tahun, Muna Barat masih kurang dalam pelaksanaan pemerintahan serta pembangunan, kurangnya layanan publik, sarana dan prasarana perkantoran, daya saing infrastruktur, tingkat kesejahteraan masyarakat, dan kualitas sumber daya manusia.

Namun patut dibanggakan bahwa Muna Barat mampu sejajar dengan DOB dalam akses percepatan pembangunan. Dimana sumber daya alam yang ada melimpah serta capaian pembangunan yang telah saat ini.

Baca Juga: Dua Tahun Berturut-turut Makan Korban, Dispora Konawe Larang Pengunjung Batu Gong Lakukan Hal Ini

"Kita harus syukuri sumber daya alam yang ada di Muna Barat serta capaian pembangunan yang telah ada sampai saat ini," tuturnya.

Maka ia mengajak seluruh masyarakat serta para stakeholder untuk terus berupaya dalam membangun serta bekerja keras secara bersama serta bersinergi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.  

"Yang baik kita tingkatkan dan yang buruk kita perbaiki, mari bergandengan tangan dalam satu kebersamaan yang saling menguatkan satu sama lain," ungkapnya.

Selain itu, mantan Pj Bupati Muna Barat Dr. Rony Yacob La Ute, mengatakan bahwa Muna Barat merupakan suatu DOB ke-8 tahun, Muna Barat berdiri mandiri dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan sosial kemasyarakatan.

"Untuk itu Muna Barat perlu seorang pemimpin yang visioner dan berkarakter, serta mampu mensejajarkan posisinya dengan daerah-daerah yang telah maju," ungkapnya.

Baca Juga: Ombudsman NTT dan Rudenim Kupang Kompak Lindungi Imigran

Serta ia menyampaikan bahwa perlunya peningkatan aksesibilitas pembangunan sebagai salah satu instrumen kemajuan ekonomi sangat dibutuhkan, peningkatan infrastruktur, peningkatan SDM,  pemanfaatan kemajuan teknologi sebagai sistem pelayanan berbasis elektronik, serta pemanfaatan sumber daya alam yang potensial.

"Dengan begitu semuanya akan memajukan Muna Barat menuju daerah yang maju dan bermartabat," tutupnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga