3 Alasan NasDem Belum Tentukan Calon Wali Kota Kendari 2024

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 30 November 2022
0 dilihat
3 Alasan NasDem Belum Tentukan Calon Wali Kota Kendari 2024
Tiga kandidat Bakal Calon Wali Kota Kendari yang santer terdengar akan maju di Pilkada 2024 mendatang Foto: Ist.

" Menjelang pemilihan kepala daerah 2024, Partai Nasional Demokrat (NasDem) Sulawesi Tenggara belum menentukan sikap terkait calon gubernur, wali kota dan bupati "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjelang pemilihan kepala daerah 2024, Partai Nasional Demokrat (NasDem) Sulawesi Tenggara belum menentukan sikap terkait calon gubernur, wali kota dan bupati.

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem, Abdul Azis. Dia mengatakan, pihaknya hingga saat ini belum menentukan sikap mengenai pilkada.

"Untuk saat ini, Partai NasDem belum menentukan sikap terkait calon kepala daerah," tuturnya, Rabu (30/11/2022).

Terdapat beberapa alasan mengapa Partai NasDem belum menentukan pilihan, antara lain:

1. Fokus memenangkan Anies Baswedan

DPW Partai NasDem kini sedang fokus memperkenalkan Anies hingga ke pelosok daerah yang ada di Sulawesi Tenggara. Meski nama Anies sendiri sudah tidak asing di telinga, namun DPW Partai NasDem Sulawesi Tenggara tak ingin menyia-nyiakan kesempatan tersebut, walaupun Anies sendiri memiliki elektabilitas yang cukup tinggi.

Baca Juga: NasDem Gaungkan Pencalonan Anies Baswedan hingga ke Pelosok Sulawesi Tenggara

2. Fokus memenangkan pilpres dan pileg

Abdul Aziz menyebut, partainya sedang fokus mempersiapkan diri menghadapi pilpres dan pileg. Ia juga menyampaikan bahwa Partai NasDem memilih Anies sebagai capres tahun 2024 bukan tanpa alasan. Selain karena Anies memiliki pengalaman di pemerintahan, Anies akan membawa perubahan ke arah yg lebih baik.

"Ada langkah-langkah strategis yang sedang kami lakukan, namun untuk saat ini, pembahasan tersebut masuk dalam ranah internal kami," ungkapnya.

Ia menyebut, setelah sukses di pilpres dan pileg, partainya akan beralih ke pilkada. Dalam rangka mendukung hal tersebut, telah dilakukan langkah dan strategi yang disiapkan partainya menghadapi pemilu akbar ke depan.

3. Ada tiga kader NasDem ingin mencalonkan diri

Ada tiga kader NasDem yang santer terdengar akan mencalonkan diri sebagai Wali Kota Kendari, bahkan sudah memasang balihonya masing-masing yaitu Siska Karina Imran (mantan Wakil Wali Kota Kendari), Giona Nur Alam dan Abdul Razak (anggota DPRD Kota Kendari).

Baca Juga: Jokowi Beri Sinyal Pilih Capres Rambut Putih, Golkar Sebut Tak Semua Mikirin Rakyat

Hal ini juga diakui oleh Jurni, Wakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik Partai NasDem Sulawesi Tenggara. Para kader NasDem tersebut cukup dikenal oleh masyarakat sehingga sulit untuk menentukan pilihan saat ini.

"Kita belum menentukan, namun terkait cawali tentu kita akan pilih yang miliki eletabilitas tertinggi," tuturnya.

Partai NasDem sendiri memiliki kriteria khusus dalam memilih kandidat yang akan bertarung di pilkada mendatang. Ia tak menyebut secara gamblang mengenai kandidat yang akan dipilih maju di pilwali, namun kriteria itu akan menjadi pertimbangan agar bisa memenangkan kontestasi. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga