3 Cara Sederhana Ini Bisa Ringankan Beban Pikiran

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 19 Oktober 2022
0 dilihat
3 Cara Sederhana Ini Bisa Ringankan Beban Pikiran
Beban pikiran mesti diatasi segera mungkin karena hal ini akan menganggu produktivitas sehari-hari. Foto: Repro google.com

" Seringkali seseorang mengalami beban pikiran yang cukup mengganggu. Hal ini pun akan membuat produktifitas jadi terhambat "

KENDARI, TELISIK.ID - Seringkali seseorang mengalami beban pikiran yang cukup mengganggu. Hal ini pun akan membuat produktifitas jadi terhambat.

Pada umumnya, dikutip dari idntimes com, beban pikiran bisa membuat seseorang stres. Hal ini kerap kali menjadi masalah yang dialami setiap orang.

Banyaknya tekanan yang mengisi pikiran menjadikan kita seringkali tidak nyaman menjalani aktivitas. Karena pikiran layaknya smartphone, jika terisi banyak aplikasi akan menjadikannya kurang optimal dalam penggunaan.

Karena itulah, kita harus mulai mengurangi beberapa hal yang sudah terlalu dalam kamu pikirkan. Buang yang sekiranya kurang penting untuk dipikirkan secara serius.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Atasi Lidah Pahit Saat Sakit

Selian itu, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi beban pikiran yang kita alami.

Melansir yoursay.id, berikut sejumlah tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi beban pikiran:

1. Jangan terlalu takut dengan sesuatu yang belum tentu terjadi

Ini sering sekali terdengar dari kebanyakan orang, mungkin bisa dibilang sebagai overthinking, di mana seseorang akan berpikir secara berlebihan dan sudah memikirkan hal-hal yang padahal belum tentu terjadi.

Dengan pikiran yang seperti itulah, kamu bisa membuat beban pikiran semakin bertambah, sebaiknya kamu untuk belajar agar tidak terlalu takut dengan apa yang memang belum tentu terjadi. Baiklah, mungkin waspada atau berhati-hati itu boleh-boleh saja, hanya saja kamu tidak harus berlebihan dalam menyikapi sesuatu yang belum tentu terjadi di hidupmu. 

Jangan membuat beban pikiranmu bertambah hanya karena sesuatu hal yang belum ada dalam kenyataan. Terlalu takut pada apa yang belum terjadi itu tidak baik, maka mulailah berpikir positif dan jangan terlalu berlebihan dalam sesuatu hal yang bisa saja hanya ada dalam pikiranmu. 

2. Jalankan kehidupan dengan sebaik mungkin

Sekarang mulailah untuk tidak terlalu peduli dengan omongan dari orang-orang di luar sana yang kadang hanya ingin membicarakan keburukan diri kita.

Kita sebagai orang yang tidak luput dari kesalahan, kadang masih banyak yang harus dipelajari dan diperbaiki dari hari ke hari agar diri menjadi lebih baik. Jadi, di mana kita pernah melakukan kesalahan, ya pastinya kesalahan tersebut jangan sampai terulang kembali, jadikan kesalahan sebagai pelajaran.

Dengan kita berlatih diri menjadi lebih baik dari hari ke hari, di mana kita pasti menginginkan diri kita menjadi seseorang yang lebih berkembang, entah dari sikap, perilaku, lisan dan sifat lainnya yang ada pada diri kita sendiri. 

Jika kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi seseorang yang lebih baik, di saat ada orang lain yang menilai kita seperti apa pun itu, seharusnya kita tidak perlu meresponnya terlalu serius, sebab untuk apa kita menyuruh orang lain membuat pengakuan pada diri kita bahwa diri kita sebenarnya sudah lebih baik, biarkan saja orang lain mempunyai hak untuk menilai sendiri, karena bagaimana pun orang lain yang memang tidak menyukai diri kita, ingin sebaik apa pun kita, pasti di matanya tidak akan terlihat baik.

Jadi jangan fokus pada penilaian orang lain, fokus saja pada diri sendiri untuk mengubah diri menjadi seseorang yang memiliki aura positif dan terus saja jalani kehidupan dengan sebaik-baiknya agar menanamkan kebaikan dalam diri. 

3. Sadarilah bahwa kebahagiaan dan kesedihan memanglah ada

Perasaan bahagia atau sedih, bukan hanya kamu saja yang merasakannya, hampir semua orang pasti pernah merasakan kebahagiaan atau pun kesedihan dalam hidupnya. Semua itu memang sudah manusiawi dan wajar-wajar saja jika ada orang yang mengalaminya.

Baca Juga: 5 Bahan Alami Ini Bisa Atasi Ketombe

Dengan kita sadar adanya kebahagiaan dan kesedihan, pasti kita belajar juga tentang menerima. Tentunya menerima dalam hal perasaan, di mana kita harus menerima perasaan yang pada dasarnya sedih dan bahagia memanglah ada dalam hidup ini.

Jadi, Jika kamu dalam keadaan sedih, jangan dijadikan sebagai beban pikiran yang amat berat, tapi cobalah untuk menerima rasa sedih tersebut, tenangkan pikiranmu, dan sadarilah bahwa sedih adalah hal yang wajar, dan belajarlah untuk menyikapi kesedihan tersebut dengan baik, jangan sampai emosi.

Saat kesedihan telah kamu rasakan, ingat juga bahwa bukan hanya sedih yang dapat kamu terima, tapi kebahagiaan pun pasti akan datang pada dirimu. 

Nah, itulah beberapa tips sederhana untuk meringankan beban pikiran yang kita alami. Selamat mencoba. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga