3 Kelompok Militan Timur Tengah yang Ikut Bantu Palestina

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 04 November 2023
0 dilihat
3 Kelompok Militan Timur Tengah yang Ikut Bantu Palestina
Ada sejumlah kelompok militan Timur Tengah yang sudah menyatakan dukungan membantu Palestina. Foto: Repro Sindonews.com

" Prihatin terhadap kondisi yang terjadi di Palestina, sejumlah kelompok militan di Timur Tengah bergerak dan menyatakan dukungan untuk membantu Palestina "

GAZA, TELISIK.ID - Pengeboman oleh Israel yang mematikan ribuan orang Palestina, membuat semua orang geram dan turut membantu kelompok militan Palestina Hamas dalam melancarkan serangan balasan terhadap Israel.

Dilansir dari Sindonews.com, konflik Israel-Palestina masih terus berlanjut dan mulai memasuki babak baru. Awalnya, Israel mengklaim bahwa serangannya hanya bakal ditujukan kepada serdadu Hamas.

Namun faktanya, banyak warga sipil tak berdosa di Palestina yang ikut menjadi korban. Prihatin terhadap kondisi yang terjadi, sejumlah kelompok militan di Timur Tengah pun bergerak dan menyatakan dukungan untuk membantu Palestina.

Sebagai catatan, Hamas tidak masuk daftar ini karena mereka menjadi salah satu pihak utama yang ikut berperang. Berikut kelompok militan Timur Tengah yang ikut membantu Palestina dikutip dari Cnnindonesia.com.

1. Hizbullah

Kelompok Hizbullah yang berbasis di Lebanon juga dikenal luas sebagai sekutu dekat Hamas. Sejak awal serangan Israel, mereka sudah menunjukkan dukungan kepada Palestina. Terlepas dari statusnya sebagai kelompok militan, Hizbullah juga memiliki pengaruh besar di Lebanon.

Baca Juga: Ternyata Ini Hubungan Semangka dan Palestina yang Viral di Medsos

Tak hanya dari masyarakat, namun juga di dalam pemerintahan Lebanon. Sama seperti Hamas, Hizbullah juga menjadikan Israel sebagai musuhnya. Tak hanya itu, mereka juga menentang pengaruh Barat yang mencoba melakukan dominasi di kawasan Timur-Tengah.

Pada konflik terbaru antara Israel-Hamas, Hizbullah sempat melancarkan serangan ke perbatasan. Beberapa kali, serdadunya juga terlibat baku tembak dengan pasukan Israel.

2. Jihad Islam Palestina

Jihad Islam menjadi salah satu kelompok militan yang berada di Palestina. Sebagaimana Hamas, mereka juga berjuang melawan penindasan yang dilakukan Israel dan sekutunya.

Popularitasnya mungkin tidak sebesar Hamas, namun bantuan yang mereka berikan juga cukup berpengaruh. Beberapa waktu lalu, pemimpin Jihad Islam Palestina juga menggelar pertemuan dengan Hamas dan Hizbullah.

Baca Juga: UNICEF: Gaza jadi Kuburan Massal Anak-Anak Palestina, Korban Tewas Tembus 9.061

Terkait tujuannya, ketiga kelompok tersebut dikatakan tengah membahas rencana untuk mengalahkan Israel.

3. Houthi

Houthi menjadi pendukung terbaru yang sejatinya tidak diduga bakal membantu Palestina. Beberapa waktu lalu, kelompok militan yang berbasis di Yaman itu menyatakan perang terhadap Israel. Mengutip Al Jazeera, Houthi meluncurkan rudal jelajah dan drone ke Israel pada awal pekan lalu.

Meski belum berdampak signifikan, namun dukungan ini jelas memberi angin segar bagi Palestina yang tengah menghadapi serangan brutal negara Yahudi itu. Di sisi lain, banyak pengamat yang menyebut Houthi punya alasan lain menyerang Israel.

Bukan sekadar bentuk solidaritas terhadap Palestina, mereka juga bertujuan menyulut perang politik, terutama pada Arab Saudi yang mulai condong ke negara Barat. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga