3 Rekomendasi Menu Makanan Agar Anak Cepat Bicara

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 22 Maret 2024
0 dilihat
3 Rekomendasi Menu Makanan Agar Anak Cepat Bicara
Memilihkan menu makanan tertentu menjadi salah satu cara untuk membuat anak cepat bicara. Foto: Repro ibudanbalita.com

" Di samping stimulasi, ternyata makanan juga bisa berpengaruh pada kemampuan bicara anak, terutama yang menunjang perkembangan otaknya "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagian besar orang tua ingin buah hatinya cepat bicara saat masih balita. Agar anak bisa cepat bicara, banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan memilihkan menu makanan tertentu.

Pada umumnya, dikutip dari Suara.com - jaringan Telisik.id, setiap anak memiliki perkembangan keterampilan dan kemampuan berbicara dalam rentang waktu berbeda. Ada yang lebih cepat dan ada pula yang jauh lebih lambat.

Sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir ketika anak belum bisa berbicara lancar seperti anak lain seumurannya, sambil komunikasikan dengan dokter serta sering mengajaknya berkomunikasi.

Banyak cara untuk melatih kemampuan bicara anak. Di samping stimulasi, ternyata makanan juga bisa berpengaruh pada kemampuan bicara anak, terutama yang menunjang perkembangan otaknya.

Melansir HaiBunda.com yang mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa rekomendasi menu makanan anak agar cepat bicara:

1. Makanan mengandung prebiotik

Memiliki usus yang sehat adalah fondasi tumbuh kembang anak. Ekosistem usus kita, juga dikenal sebagai 'mikrobioma', yang terdiri dari triliunan bakteri, ragi, virus, dan bahkan parasit untuk menjaga keseimbangan.

Baca Juga: Catat, Ini 5 Pantangan Makanan dan Minuman saat Batuk Berdahak

Melatih dan menjaga sistem kekebalan tubuh Si Kecil dapat membantu mencerna makanan, melindungi dari bakteri penyebab penyakit, dan menghasilkan vitamin termasuk vitamin B12, tiamin, riboflavin, serta Vitamin K, yang diperlukan untuk massa tulang dan pembekuan darah.

Mikrobioma juga membantu mengatur neurotransmiter dan berkomunikasi dengan otak melalui sistem saraf enterik usus, yang juga dikenal sebagai otak kedua. Pada akhirnya, mengonsumsi makanan mengandung prebiotik dapat menunjang perkembangan otak dan memengaruhi kemampuan anak dalam berkomunikasi. Contoh makanan mengandung prebiotik adalah pisang, oat, asparagus, dan apel.

2. Makanan kaya omega-3 dan omega-6

Bunda mungkin paling familiar dengan asam lemak Omega 3. Mengutip Brainstorms Health, berbagai penelitian telah menunjukkan hubungan antara omega-3 dan omega-6 yang rendah pada perkembangan yang buruk, ADHD, keterlambatan bicara, fokus dan konsentrasi yang buruk, serta asma dan eksim. 

Jika anak banyak mengonsumsi makanan olahan atau makanan yang mengandung minyak nabati inflamasi seperti minyak bunga matahari dan minyak safflower, maka lemak omega 3 yang sehat dapat terkuras dengan sangat mudah dan cepat, sehingga menimbulkan banyak penyakit. Gejala salah satunya adalah keterlambatan perkembangan bicara.

Baca Juga: Ternyata Ini Makanan dan Kebiasaan yang Bikin Awet Muda Ala Zaidul Akbar

Untuk itu, Bunda dapat menunjang perkembangan anak untuk meningkatkan kemampuan bicaranya dengan memilih makanan kaya omega-3 dan omega-6. Contoh makanan kaya omega-3 dan omega-6 adalah ikan, telur, kacang, dan rumput laut.

3. Makanan bebas gluten dan kasein

Semua sumber protein bebas gluten dan kasein dikenal sebagai diet Bebas Gluten/Bebas Kasein (GFCF). Dilansir Special Learning, sekelompok peneliti di Norwegia, Denmark, dan Inggris melakukan uji coba dua tahap selama 24 bulan, secara acak, dan terkontrol untuk menentukan pengaruh diet GFCF pada anak-anak dengan ASD.

Hasilnya menunjukkan bahwa intervensi pola makan dapat berdampak positif terhadap hasil perkembangan beberapa anak autis. Salah satunya adalah perkembangan bicara. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga