11 Kebiasaan yang Dianggap Sepele tapi Bikin Wajah Cepat Tua dan Keriput

Sasmiraza, telisik indonesia
Rabu, 10 Agustus 2022
0 dilihat
11 Kebiasaan yang Dianggap Sepele tapi Bikin Wajah Cepat Tua dan Keriput
Beraktivitas di luar ruangan tanpa menggunakan tabir surya merupakan salah satu kebiasaan yang membuat wajah terlihat lebih cepat tua. Foto: Repro jurnas.com

" Jangan lupa gunakan tabir surya dengan kandungan SPF saat beraktivitas di luar ruangan agar terhindar dari penuaan dini. Selain itu, ada beberapa penyebab lain yang bisa mempercepat penuaan "

KENDARI, TELISIK.ID - Seiring dengan bertambahnya usia, produksi kolagen yang bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit mulai berkurang.

Inilah yang memicu timbulnya garis-garis halus dan kerutan yang membuat wajah terlihat tampak lebih tua.

Kamu pasti nggak mau dong, kalau sampai wajahmu terlihat lebih tua daripada usiamu. Yuk hindari 11 kebiasaan sepele yang bikin wajah keriput dan cepat tua berikut ini, dikutip dari berbagai sumber:

1. Aktivitas luar ruangan tanpa tabir surya

Aktivitas di luar ruangan membuat Anda terpapar sinar matahari terlalu lama. Anda mungkin tenang-tenang saja sebab kulit terlihat tak bermasalah.

Namun, jangan lupa gunakan tabir surya dengan kandungan SPF setidaknya 15-20. Mengutip QG yang dilansir cnnindonesia.com, paparan sinar matahari perlahan bisa membuat wajah terlihat lebih tua.

2. Minum soda

Seperti dikutip dari Eat This, Not That!, riset dari University of California-San Francisco menemukan, orang yang meneguk minuman manis seperti soda memiliki telomer (komponen sel yang menyimpan DNA) lebih pendek dan mati. Telomer jadi salah satu kunci rahasia kulit awet muda.

"Konsumsi soda manis secara teratur memengaruhi perkembangan penyakit metabolik melalui penuaan sel yang dipercepat," tulis peneliti dalam studi.

3. Begadang

Begadang hingga kurang tidur jadi salah satu kebiasaan yang bikin wajah terlihat tua. Selama tidur, sistem tubuh akan mengadakan pembaharuan dan perbaikan, termasuk pada kulit. Proses tak akan berjalan lengkap jika Anda kurang tidur.

4. Mageran

Mager alias malas gerak? Siap-siap saja terlihat lebih tua. Tubuh yang aktif akan menjaga kondisi otot dan kulit. Olahraga akan membuat kulit terlihat lebih sehat.

Baca Juga: 3 Dampak Negatif Penggunaan WiFi

5. Membiarkan stres

Stres berlebih yang dibiarkan berlama-lama perlahan akan membuat wajah terlihat tua.

Hormon kortisol akan meningkat saat stres. Hormon ini memengaruhi sistem tubuh, termasuk kesehatan kulit.

6. Terlalu banyak bergaul dengan gawai

Rasanya segala aktivitas terpusat di gawai. Mata seolah terpaku pada layar hampir 24/7. Namun, siapa sangka jika paparan cahaya biru (blue light) dari layar gawai akan mempengaruhi kesehatan kulit?

Paparan gawai dalam waktu lama jadi salah satu penyebab wajah cepat tua. Sebaiknya mulai kurangi intensitas paparan gawai dan menggantinya dengan aktivitas lain seperti membaca buku, berkebun, dan hobi lainnya.

7. Penggunaan produk antipenuaan yang salah

Mengutip sehatq.com, penggunaan produk antipenuaan yang salah juga dapat membuat tampilan wajah Anda terlihat lebih cepat tua dari usia sesungguhnya.

Menurut ahli kulit dari Departemen Dermatologi St. Louis University, sabun pembersih wajah dengan bahan antipenuaan biasanya tidak memiliki kadar konsentrasi yang cukup tinggi untuk memperbaiki masalah kulit yang dialami sehingga tidak dapat memberikan hasil yang signifikan pada wajah.

8. Tidur kurang dari 5 jam

Setidaknya, ada sebuah studi kecil yang dimuat dalam Clinical and Experimental Dermatology membuktikan bahwa pola tidur kurang dari 5 jam dapat meningkatkan risiko penuaan dini dan rusaknya fungsi penghalang kulit (skin barrier).

Sedangkan, partisipan yang tidur 7-9 jam memiliki kulit yang lebih awet muda, serta bangun dalam kondisi lebih segar.

9. Minum alkohol

Alkohol sangat efektif mempercepat penuaan dan memberikan efeknya secara nyata pada penampilan fisik.

Studi multinasional 2019 terhadap lebih dari 3.200 wanita menemukan bahwa mereka yang minum lebih dari delapan gelas minuman alkohol seminggu memiliki lebih banyak garis wajah bagian atas.

Mereka juga lebih banyak mengalami bengkak di bawah mata, rongga mulut, kehilangan volume wajah bagian tengah, dan pembuluh darah.

Baca Juga: Benarkah Air Hujan Bisa Bikin Sakit? Ini Penjelasannya

Hal ini dibandingkan dengan wanita yang minum alkohol dalam jumlah sedang atau tidak sama sekali.

10. Merokok

Kebiasaan merokok memengaruhi kondisi kulit sehingga dapat membuat kita terlihat lebih tua.

Penelitian membuktikan, seseorang yang merokok lebih dari lima tahun akan mengalami kelopak mata terkulai, kantung mata, kerutan bibir dan munculnya rahang serta garis di sekitar mulut.

11. Makan terlalu banyak gula

Mengutip Mens Health yang dilansir kontan.co.id, Dr. Zeichner mengatakan bahwa makanan terlalu banyak gula meningkatkan kadar gula darah kita, yang dapat memicu peradangan dan memicu munculnya jerawat.

Memiliki banyak jerawat dapat menyebabkan kulit memiliki jaringan parut permanen karena kolagen yang rusak. Makan terlalu banyak gula juga dapat menyebabkan glikasi, suatu proses di mana molekul gula menempel pada kolagen atau blok bangunan utama kulit.

Hal tersebut membuat kolagen kulit keras dan kurang fleksibel, menyebabkan muncul kerutan dini. Menurut American Dental Association (ADA), lebih buruk lagi, minuman manis berwarna gelap, seperti soda dan kopi manis dapat merusak dan membuat plak gigi. (C)

Penulis: Sasmiraza

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga