3 Tips Hindari Cantengan pada Kaki

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 21 November 2022
0 dilihat
3 Tips Hindari Cantengan pada Kaki
Sebagian dari kita mungkin pernah mengalami cantengan. Cantengan adalah tumbuhnya salah satu sisi kuku atau ujung kuku masuk ke dalam daging. Foto: Repro Stylo.id

" Penyebab utama cantengan yaitu adanya infeksi bakteri dan jamur yang berkembang di bawah kulit. Infeksi terjadi ketika kulit di sekitar kuku rusak dan terbuka "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagian dari kita mungkin pernah mengalami cantengan. Cantengan adalah tumbuhnya salah satu sisi kuku atau ujung kuku masuk ke dalam daging.

Kondisi ini ditandai dengan nyeri, bengkak, dan kemerahan di area kuku yang mengalami cantengan. Cantengan paling sering terjadi pada ibu jari kaki.

Dilansir dari Ciputrahospital.com, penyebab utama cantengan yaitu adanya infeksi bakteri dan jamur yang berkembang di bawah kulit. Infeksi terjadi ketika kulit di sekitar kuku rusak dan terbuka. Dengan kondisi tersebut, bakteri bisa lebih mudah masuk. Bakteri yang umum menyebabkan cantengan adalah Staphylococcus aureus dan Streptococcus pyogenes .

Berikut ini tips menghindari cantengan pada kaki yaitu:

Baca Juga: 5 Makanan Ini Ternyata Penyebab Bau Mulut

1. Memotong kuku dengan baik

Dikutip dari Alodokter.com, potonglah kuku Anda dengan baik, karena memotong kuku dengan cara yang salah, seperti terlalu pendek atau sampai menembus ke bagian pinggir kuku, bisa menyebabkan cantengan

2. Tidak menggunakan sepatu sempit

Baca Juga: 5 Makanan Ini Ternyata Penyebab Bau Mulut

Mengenakan sepatu atau kaus kaki yang sempit atau terlalu ketat, karena bisa menekan kuku kaki sehingga kuku tumbuh ke dalam kulit

3. Hindari tersandung

Kuku yang cedera seperti tersandung, tertimpa benda berat, atau menerima tekanan berulang, seperti menendang bola, bisa membuat cantengan pada kuku Anda. Sebaiknya anda menghindari hal tersebut. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga