3 Tips Ini Bantu Hindari Macet Saat Mudik Lebaran

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 11 April 2023
0 dilihat
3 Tips Ini Bantu Hindari Macet Saat Mudik Lebaran
Penting untuk mengetahui apa saja yang mesti dilakukan agar terhindar dari kemacetan mudik lebaran. Foto: Repro republika.co.id

" Pemudik disarankan menghindari tanggal puncak arus mudik dan arus balik Lebaran demi menghindari potensi kemacetan besar yang kerap terjadi setiap tahunnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Menghindari kemacetan saat mudik hari raya Idul Fitri atau Lebaran mesti diperhatikan. Kalau tidak, kita bisa berlama-lama terjebak macet.

Dikutip dari cnbcindonesia.com, pemudik disarankan menghindari tanggal puncak arus mudik dan arus balik Lebaran demi menghindari potensi kemacetan besar yang kerap terjadi setiap tahunnya.

Penyebab lonjakan signifikan pemudik ini karena pemerintah sudah tidak memberlakukan kebijakan PPKM. Faktor lainnya adalah penambahan cuti bersama yang cukup panjang serta tidak adanya larangan mudik.

Olehnya itu, penting untuk mengetahui apa saja yang mesti dilakukan agar terhindar dari kemacetan mudik.

Baca Juga: Jangan Mudik Lebaran di Tanggal Ini dan Nomor yang Wajib Dicatat Biar Aman

Melansir yoursay.id, berikut beberapa tips untuk menghindari macet ketika mudik lebaran:

1. Pantau Informasi Arus Mudik

Untuk menghindari kemacetan, kita had selalu memantau informasi arus mudik. Sangat penting bagi kamu untuk selalu update berita arus mudik Lebaran dari beberapa sumber terpercaya.

Saat ini kamu bisa mengetahui informasi mudik melalui radio, televisi atau smartphone kamu. Selain meminimalisir kemacetan, memantau informasi arus mudik juga bermanfaat untuk mengetahui kondisi jalur yang akan kamu lalui misalnya terjadi krusakan jalan atau kecelakaan.

2. Memilih Waktu Keberangkatan yang Tepat

Salah satu cara menghindari macet saat mudik Lebaran adalah dengan memilih waktu keberangkatan yang tepat. Cobalah untuk memilih waktu yang sepi dan minim kemacetan, misalnya seperti berangkat dini hari.

Baca Juga: 5 Tips Ini Bantu Jaga Kesehatan Jelang Mudik Lebaran

Hindari mudik terlalu dekat dengan Lebaran seperti tiga hari sebelum Lebaran karena waktu itu menjadi puncak arus mudik. Usahakan untuk mulai mudik lebih cepat untuk menghindaru kemacetan.

3. Tentukan Jalur Alternatif

Sebelum kamu berangkat mudik, tentukan jalur mana yang akan kamu lewati. Jangan lupa juga untuk menentukan jalur alternatif yang bisa kamu lalui untuk meminimalisir terjadinya kemacetan.

Jadi misalnya terjadi kemacetan, hal ini akan membantu kamu terhindar dari terjebak macet. Pilih jalur-jalur yang kemungkinan tidak banyak dilalui oleh para pemudik. Pastikan bahwa kondisi jalur alternatif yang akan kamu lewati juga aman.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan untuk menghindari macet saat mudik lebaran. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga